KRAFBINA akan gelar "Sleman Crafstyle" 2018

id Krafbina,Sleman Crafstyle

KRAFBINA akan gelar "Sleman Crafstyle" 2018

Kenferensi Pers Yayasan Kreatif Bangsa Indonesia (Krafbina) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali akan menyelenggarakan "Sleman Creative Art Fashion and Lifestyle" atau Sleman Craftstyle", 10-16 September 2018. (Istw)

Sleman (Antaranews Jogja) - Yayasan Kreatif Bangsa Indonesia (Krafbina) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali menyelenggarakan "Sleman Creative Art Fashion and Lifestyle" atau Sleman Craftstyle", 10-16 September 2018.

"Acara ini merupakan yang kedua kali diselenggarakan di Kabupaten Sleman," kata Ketua Krafbina, Luwi Saluadji di Sleman, Kamis.

Menurut dia, berangkat dari kata "kreatif" yang memiliki arti kemampuan untuk menciptakan, memberikan ide asli atau adaptif yang berfungsi bagi penyelesaian suatu masalah atau pengembanga untuk lebih baik.

"Dari hal ini melihat banyaknya potensi kreatif masyarakat di Kabupaten Sleman, diperlukan adanya wadah atau jembatan yang menaungi untuk menyatukan dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kreatifutas sebagai pendukung ekonomi daerah," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat atau komunitas ini sendiri adalah mereka yang bergerak di industri kreatif untuk saling berkolaborasi, sehingga terjadi peningkatan kapasitas dan kreatif untuk masyarakat yang lebih sejahtera.

"Sleman Creative Art Fashion and Lifestyle (Sleman Crafistyle) akan diselenggarkan dengan berbagai agenda kegiatan terdiri dari beberapa bidang pada industri kreatif," katanya.

Luwi mengatakan, bidang industri kreatif tersebut yaitu fashion, food and beverages, film, culture and heritage, beauty and photography. "Seluruh agenda kegiatan tersebut terbuka untuk umum," katanya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini karena akan membantu meningkatkan kesejahteraan masarakat, terutama pelaku industri kreatif dan UMKM.

"Ini akan sangat membantu mengembangkan sektor industri kreatif yang banyak tumbuh di Sleman," katanya.

Ia mengatakan, Bupati Sleman saat ini sedang gencar mengembangkan industri kreatif di wilayah setempat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Salah satu yang sedang didorong saat ini adalah pengembangan batik lokal khas Sleman yakni batik motif parijotho dan salak," katanya.

Ia mengatakan, saat ini juga sektor pariwisata di Sleman sudah berkembang dan ini akan sangat bagus jika industri kreatif juga berkembang.

"Diharapkan  bisa saling mendukung antara sektor pariwisata dan sektor industri kreatif," katanya. (T.V001/B/N. Yuliastuti)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024