15 tiang listrik Kotabaru akan dipindahkan

id revitalisasi trotoar, jalan suroto, kotabaru, tiang listrik

15 tiang listrik Kotabaru akan dipindahkan

Ilustrasi, tiang listrik PLN, dok Foto ANTARA/Barikur Rahman.

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 15 tiang listrik di Jalan Suroto Kotabaru, Yogyakarta, akan dipindahkan ke tepi bagian dalam trotoar yang kini direvitalisasi.

"Kami mencatat ada 15 tiang listrik di sepanjang Jalan Suroto yang harus dipindahkan,¿ kata Penjabat Pembuat Komitmen Revitalisasi Trotoar Kotabaru Umi Akhsanti di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia,  pemindahan tiang listrik akan dilakukan mulai pekan depan, diawali dengan pemasangan tiang pengganti kemudian dilanjutkan pekerjaan pemindahan jaringan dan diakhiri dengan pembongkaran tiang lama.

Pemindahan tiang listrik ditujukan agar posisi tiang berada di bagian paling dalam trotoar sehingga terlihat lebih rapi.

Umi menyebut, sudah melakukan sejumlah antisipasi agar pekerjaan tidak terhambat di antaranya dengan terlebih dulu melakukan pemasangan box culvert untuk drainase.

Dan pada titik yang akan digunakan untuk pemindahan tiang listrik milik PLN, sudah kami siapkan tempatnya. Nanti tinggal dipasang saja agar pekerjaan bisa lebih cepat, katanya.

Pekerjaan revitalisasi trotoar di sepanjang Jalan Suroto Kotabaru yang sudah dimulai sejak akhir Juni kini mencapai sekitar 10 persen dari total pekerjaan.

Umi menyebut, perkembangan pekerjaan revitalisasi tersebut masih sesuai dengan tata kala dan pihaknya tetap optimistis jika pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu.

Trotoar di Jalan Suroto yang semula menggunakan paving block akan diganti menggunakan bahan teraso keabu-abuan dan dilengkapi dengan ornamen guna mendukung citra kawasan Kotabaru sebagai kawasan Indis.

Fasilitas pendukung yang akan ditempatkan di trotoar, seperti bangku taman dan tiang lampu juga didesain khusus agar sesuai dengan citra kawasan Indis termasuk penggunaan warna yang akan didominasi putih tulang.

Total panjang trotoar yang akan direvitalisasi mencapai sekitar dua kilometer. Trotoarpun akan diperlebar dari semula 1,1 meter dibuat menjadi 2,4 meter dengan mengubah drainase yang sebelumnya terbuka menjadi saluran tertutup. Ukuran drainase pun diperbesar menjadi 80x80 cm.

Seluruh pekerjaan revitalisasi kawasan pedestrian di Jalan Suroto ditargetkan selesai pada 23 Desember sehingga kawasan tersebut diharapkan sudah bisa dinikmati saat libur panjang akhir tahun. 
(T.E013/B/A.J.S. Bie)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024