Sultan: sayuran dari luar harus penuhi syarat

id sayur, pupuk organik

Sultan: sayuran dari luar harus penuhi syarat

Ilustrasi kebun sayur hidroponik (jirifarm.com)

Sleman, (Antaranews Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan suplai sayuran dari luar Yogyakarta harus memenuhi syarat-syarat yang ada.

"Saya mengimbau petani tentang pentingnya penggunaan pupuk organik dalam pertaniannya. Selain itu suplai sayuran dari luar Yogyakarta dapat memenuhi syarat-syarat yang seperti sudah ditentukan," kata Sultan pada peringatan hari lahir ke-27 Yayasan Bhakti Yogyakarta di komplek Kebun Percontohan, Jalan Balai Desa Harjobinangun, Pakem, Sleman, Minggu.

Menurut dia, kelompok petani baik di Yogyakarta maupun dari luar harus memenuhi syarat tidak menggunakan pupuk kimia.

"Sayur yang dari Temanggung, Wonosobo, kami data untuk tidak menggunakan pupuk kimia," katanya.

Ia juga menekankan pentingnya penggunaan bibit unggul oleh petani guna peningkatan hasil produksi dan memaksimalkan penggunaan lahan yang ada.

"Walaupun hanya tomat atau cabai, tapi karena menggunakan bibit unggul, sehingga produksi per hektare meningkat," katanya.

Peringatan hari lahir ke-27 Yayasan Bhakti Yogyakarta digelar dengan puncak acara pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum Yayasan Bakti Jogja Sucipto untuk diserahkan kepada Gubernur DIY, dan Bupati Sleman Sri Purnomo.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan sertfikat secara simbolis kepada pelatih dan peserta Pelatihan Pertanian Organik.

Bupati Sleman Sri Purnomo mendukung pembangunan kebun percontohan dan pelatihan yang bertempat di Kecamatan Pakem tersebut.

"Kami berharap keberadaan kebun tersebut dapat berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ketua penyelenggara acara Joko Sidik Pramono mengatakan sejak dua tahun terakhir, Yayasan Bakti Jogja mulai mendirikan dan mengembangkan kebun pendidikan, sekaligus kebun percontohan di kawasan Pakem, Sleman.

"Kebun yang dibangun seluas 1,6 hektare tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah sekitar, yang mayoritas adalah petani," katanya.

Pada kesempatan tersebut juga Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Bupati Sleman Sri Purnomo berkesempatan meninjau langsung kebun percontohan yang sudah ditanami buah Naga, pisang Cavendis, pepaya California, dan kelengkeng Brokoli.



(V001).

(T.V001/B/M028/C/M028) 05-08-2018 15:25:10
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024