Distan DIY dukung peternak tanam rumput odot

id rumput odot, sapi, gunung kid

Ilustrasi pemberian pakan rumput

Gunung Kidul, (Antaranews Jogja) - Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta mendukung peternak Kabupaten Gunung Kidul menanam rumput odot untuk mengurangi ketergantungan hijauan pakan ternak dari luar daerah saat musim kemarau.

Kepala Dinas Pertanian DIY Sasongko di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan, penanaman rumput odot akan membantu para peternak sapi di Gunung Kidul yang merupakan sentra ternak sapi.

"Hasil laporan, satu hektare lahan bisa menghasilkan 300 ton rumput. Potensi lahan sangat luas sehingga hasil panen pun akan banyak," katanya saat melakukan panen rumput odot di Kabupaten Gunung Kidul.

Dia mengatakan, rumput odot memiliki kelebihan pada masa tanam yang lebih pendek dibanding rumput gajah. 

"Rumput odot ditanam dengan masa tanam sekitar satu sampai dua bulan saja. Rumput ini mempunyai kadar protein yang tinggi dan dengan protein yang tinggi ternak dapat lebih cepat menjadi gemuk dan besar," katanya.

Sasangko berharap, penanaman rumput odot yang dilakukan petani di Desa Karangtengah bisa ditiru daerah lainnya. Hal ini untuk mengurangi pembelian HPT dari luar daerah.

"Pengembangan rumput odot dapat meringankan beban para peternak sapi karena jika membeli biaya dirasa tinggi bagi para peternak," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunung Kidul Bambang Wisno Broto mengatakan karakteristik rumput odot berbeda dari rumput yang lain sehingga lebih mudah dicerna oleh sapi.


(T.KR-STR/B/N002/C/N002) 07-08-2018 18:24:49
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar