Dana BKK tunggu pencairan dari DIY

id pkh

Dana BKK tunggu pencairan dari DIY

Program Keluarga Harapan (PKH) (Foto Antara)

? ? Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Sosial Kota Yogyakarta masih menunggu pencairan dana bantuan keuangan khusus dari Pemerintah DIY yang akan diberikan kepada keluarga miskin atau rumah tangga sasaran penerima program keluarga harapan.

? ? "Penerimanya sudah ada, namun sampai sekarang memang belum cair. Begitu dicairkan bisa langsung diberikan ke penerima," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Bedjo Suwarno di Yogyakarta, Selasa.

? ? Dia menjelaskan setiap penerima akan memperoleh dana bantuan keuangan khusus senilai Rp2,3 juta yang bisa digunakan untuk fasilitasi maupun suntikan modal kegiatan ekonomi keluarga.?

? ? "Tujuan dari pemberian bantuan tersebut memang untuk meringankan beban warga miskin," katanya.?

? ? Ia tidak mempermasalahkan sisa waktu pada Tahun Anggaran 2018 yang hanya sekitar lima bulan untuk proses pencairan dan penerimaan bantuan.

? ? "Karena bukan kegiatan fisik, maka saya kira sisa lima bulan ini masih cukup untuk penyerapan anggaran. Tinggal disalurkan saja jika sudah dicairkan dari DIY," katanya.

? ? Sampai saat ini pun, lanjut Bedjo, Dinas Sosial Kota Yogyakarta merasa belum perlu melayangkan surat ke DIY untuk meminta penjelasan mengenai waktu pencairan dana BKK.

? Untuk pengawasan terhadap dana yang dicairkan, Bedjo mengatakan, tetap akan dilakukan melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

? ? Pada Tahun Anggaran 2018, Pemerintah Kota Yogyakarta akan memperoleh dana BKK sebesar Rp521 juta. Selain digunakan untuk fasilitasi kepada keluarga miskin, dana tersebut juga akan dimanfaatkan untuk kebutuhan lain.

? ? Kegiatan fisik yang akan didanai oleh dana BKK adalah pembangunan jamban untuk 40 penerima dengan nilai Rp5 juta per jamban.

? ? Selain itu, dana bantuan juga akan digunakan untuk kegiatan padat karya dengan program pengecoran blok jalan di Kelurahan Bener dan Pandeyan yang melibatkan 40 warga miskin di masing-masing kelurahan.?

? ? Kepala Bappeda Kota Yogyakarta Edy Muhammad mengatakan hingga triwulan kedua dana BKK belum cair karena masih dalam proses pencairan di DPPKA DIY. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024