14 berkas caleg Bantul tidak memenuhi syarat

id KPU Bantul,caleg tidak memenuhi syarat

Kantor KPU Bantul, DIY (Foto Antara/dok)

Bantul (Antaranews Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menemukan 14 berkas bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk Pemilu 2019 yang diserahkan partai politik ke KPU beberapa waktu lalu, tidak memenuhi syarat.
 
"Dari total 460 berkas bakal caleg yang kami terima pascaperbaikan dari semua parpol, setelah selesai kami lakukan verifikasi ada 14 bakal calon anggota legislatif yang dokumennya tidak memenuhi syarat," kata Ketua KPU Bantul Muhammad Johan Komara di Bantul, Jumat.

Dengan demikian, kata dia, berkas bakal calon anggota DPRD Bantul untuk Pemilu 2019 yang didaftarkan semua parpol peserta pemilu yang memenuhi syarat berjumlah 446 berkas untuk kemudian akan dimasukkan dalam daftar calon sementara (DCS), beberapa waktu mendatang.

Menurut dia, 14 berkas bakal calon anggota DPRD itu dinyatakan tidak memenuhi syarat dan harus dicoret dari daftar, dikarenakan dokumen tidak lengkap dan ada beberapa syarat yang dilampirkan tidak sah, tidak sesuai dengan Peraturan KPU terbaru.

Johan mengatakan, dalam Peraturan KPU terbaru memang disebutkan calon anggota DPRD harus terbebas dari pidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak dan kasus korupsi, namun yang tidak memenuhi syarat bukan karena terlibat kasus kejahatan itu.

"Berdasarkan verifikasi dokumen yang mereka kirimkan ke KPU tidak ada yang mantan narapidana koruptor, kejahatan seksual kepada anak, tidak ada yang bandar narkoba. Jadi tidak memenuhi syaratnya karena berkas tidak lengkap dan tidak sah," tuturnya.

Ia mengatakan, sebenarnya total bakal caleg yang diajukan ke KPU Bantul pada tahapan pendaftaran sebanyak 477 berkas, akan tetapi setelah dilakukan verifikasi awal hampir semua berkas belum lengkap, sehingga parpol diberi waktu untuk melakukan perbaikan.

Akan tetapi, kata dia, pada tanggal 31 Juli saat parpol menyerahkan hasil perbaikan berkas bakal calon kepada KPU jumlahnya menjadi 460 berkas dari yang sebelumnya 477 berkas, sehingga ada 17 berkas bakal caleg yang tidak diserahkan kembali ke KPU Bantul.

"Prinsip kami sudah melakukan verifikasi terhadap berkas bakal calon baik saat awal maupun pascaperbaikan. Dan yang lolos verifikasi ini akan kami umumkan pada rentang waktu antara 12 sampai 14 Agustus, jadi sebaiknya nanti setelah diumumkan," ucapnya.
(T.KR-HRI/C/C. Hamdani)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar