Legislator ajak generasi muda Yogyakarta menjadi pegiat medsos kreatif

id Eko suwanto

Legislator ajak generasi muda Yogyakarta menjadi pegiat medsos kreatif

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto (Dok Istimewa)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Ketua Komisi A DPRD DIY dari fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto mengajak generasi muda Yogyakarta menjadi pegiat media sosial yang kreatif dan bijak.

"Perkembangan teknologi informasi begitu cepat,  warganet bisa memberikan kontribusi positif dengan menjadi 'local guide'," kata Eko seusai menjadi pembicara kunci dalam acara Meet Up Nusantara II : Indonesia Local Guides 2018 bertajuk "Pemanfaatan TIK untuk Local Guide" di Yogyakarta, Jumat (10/8).
         
Penggiat media sosial (medsos), kata dia,   berperang penting dalam mempromosikan wisata daerah termasuk kuliner, destinasi wisata serta berbagai potensi daerah lainnya. 
  
Oleh karena itu, Eko merekomendasikan Pemda DIY untuk menggandeng para pegiat sosial media ini menjadi mitra strategis dalam mempromosikan destinasi wisata di Yogyakarta. "Ini strategis sekali,  semakin banyak yang terlibat sangat baik karena bisa memandu banyak pihak," kata dia.

Eko berharap para penggiat medsos tetap menjaga kepentingan nasioal bangsa Indonesia sebagai bangsa berdaulat ditengah derasnya arus teknologi informasi yang mendunia.

Menurut dia, dengan hadirnya beragam aplikasi dan keberadaan tempat usaha, tempat kuliner,  serta destinasi wisata baru di Yogyakarta membutuhkan promosi agar bisa dikunjungi banyak orang. 

"Apresiasi saya bagi warganet yang aktif berinteraksi dengan lebih produktif, jadi bagian dari Indonesia local guide. Ini peluang anak muda berkarya, produktif," kata Eko.

Di hadapan 250 peserta Meet Up Nusantara II: Indonesia Local Guide yang hadir dari berbagai provinsi,  Eko Suwanto berpesan agar dalam memanfaatkan teknologi bisa lebih bijak. Komunikasi harus dipandu dengan budi pekerti dan hati nurani

"TIK akan bermanfaat jika dipandu oleh hati untuk membahagiakan hatinya orang lain, menjadi local guide positif untuk bangkitkan ekonomi lokal, asal kreatif kontennya," kata dia lagi.

Ia mengatakan DPRD DIY mendukung Pemda DIY membantu sarana prasarana serta diklat pemanfaatan IT bagi masyarakat. Dukungan itu, antara lain akan diwujudkan dengan diresmikannya "Co Working Space" pada bulan ini yang bisa dimanfaatkan masyarakat secara gratis, selain pembangunan free wifi di 112 lokasi dan pembangunan infrastruktur berupa fiber optic dan berbagai sarana prasarana lainnya. 

"Prinsipnya kita dukung pengembangan, pemanfaatan dan pengelolaan IT untuk meningkatkan akses pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini.