BUMN HADIR - Tarian tradisional Yogyakarta-Kalteng buka SMN di Yogyakarta (Video)

id Smn 2018

BUMN HADIR - Tarian tradisional Yogyakarta-Kalteng buka SMN di Yogyakarta (Video)

Peserta SMN asal Yogyakarta membawakan tarian "Pasupati Sang Arjuna" dalam acara Pembukaan dan Serah Terima Program Siswa Mengenal Nusantara DIY dan Kalteng di Yogyakarta, Sabtu malam. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Tarian tradisional dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan Tengah ditampilkan oleh para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang berasal dari dua provinsi itu dalam pembukaan Program SMN 2018 di Yogyakarta, Sabtu malam.

Dalam acara Pembukaan dan Serah Terima Program Siswa Mengenal Nusantara DIY dan Kalteng itu, peserta SMN asal Yogyakarta secara luwes membawakan tarian "Pasupati Sang Arjuna". Sedangkan peserta asal Kalimantan Tengah menampilkan tarian "Kahanjak".

"Tari Kahanjak ini memiliki nilai filosofis dan historis yang menunjukkan keceriaan masyarakat Kalteng," kata seorang peserta SMN asal Kalteng, Fadil dalam acara yang dihadiri para pejabat BUMN penyelenggara SMN di DIY dan Kalteng.

Menurut Fadil, tarian tradisional itu kerap dibawakan masyarakat Kalteng untuk menyambut suatu kegiatan besar. Selain itu, tarian Kahanjak juga melambangkan nilai-nilai kebersamaan.

"Tarian ini sangat terkenal di Kalteng. Koreografinya tidak sulit sehingga bisa diikuti siapa saja," kata dia.

Sementara itu, peserta SMN asal Yogyakarta, Edi Prasetyo Nugroho menjelaskan, tarian "Pasupati Sang Arjuna" yang dibawakan bersama teman-temannya menggambarkan kesaktian tokoh pewayangan Arjuna. Dalam tarian itu, Arjuna yang memegang senjata pasupati didampingi oleh wanita yang melambangkan bahwa kesaktian Arjuna tidak terlepas dari sosok wanita.

Menurut dia, dalam konteks pendidikan, tarian itu dapat dimaknai sebagai kebersamaan dan kerukunan. "Tarian ini menggambarkan kehidupan yang guyub rukun atau hidup saling tolong-menolong," kata siswa SMA 1 Minggir ini.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannya menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
Baca juga: BUMN HADIR- Peserta SMN Yogyakarta diminta eksplorasi budaya Kalteng (Video)

Baca juga: BUMN HADIR- Akademisi UGM: SMN cetak generasi muda toleran (Video)
Di Yogyakarta, SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.

Sebanyak 23 peserta SMN Yogyakarta akan diberangkatkan ke Kalteng untuk mengikuti pertukaran pelajar antarprovinsi pada Minggu (12/8) pagi. Mereka akan mempelajari beragam potensi budaya yang ada di Kalteng selama sepekan.

Sedangkan peserta SMN asal Kalteng telah tiba di Yogyakarta pada Sabtu (11/8) siang. Program SMN di Kalteng diselenggarakan oleh PT Danareksa bersama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).
(L007).