Usia harapan hidup Sleman capai 76 tahun

id Lansia

Usia harapan hidup Sleman capai 76 tahun

Ilustrasi sejumlah lansia ikuti pemeriksaan kesehatan (antarafoto.com)

Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo menyebutkan usia harapan hidup rata-rata di Sleman cukup tinggi, yaitu diatas 76 ?tahun.

"Pemkab Sleman selama ini terus menggiatkan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup lansia terus digiatkan," katanya pada pembukaan Seminar Hari Lanjut Usia Nasional di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Minggu.

Menurut dia, saat ini jumlah usia lanjut di Sleman atau usia lebih dari 60 tahun mencapai 106.107 orang.

"Dari jumlah tersebut, 76.34 persen lansia telah mendapat layanan, dan 67,98 persen rutin mendapat kunjungan lansia," ujarnya.

Ia menambahkan selama ini Pemkab Sleman telah memberikan perhatian pada para lansia dian?taranya diwujudkan dengan penanganan kesehatan lansia melalui pembinaan kelom?pok atau Posyandu usia lanjut.

"Selain itu juga pelatihan kader usia lanjut di bidang kesehatan, serta pembinaan senam bugar usia lanjut," lanjutnya.

Sri Purnomo mengatakan puskesmas di wilayah Sleman merupakan Puskesmas Santun Lansia yang telah memiliki layanan kesehatan untuk lansia.

"Puskesmas juga memiliki program prolanis yang bertujuan untuk mendorong para peserta penyandang sakit kronis mencapai kualitas hidup optimal," terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo mengatakan bahwa angka usia harapan hidup dimulai dari terjaminnya kesehatan bayi yang lahir baik di keluarga maupun lingkungan serta asupan gizi yang diperoleh.

Terkait seminar Hari Lanjut Usia yang dilaksanakan atas kerjasama Dinkes Sleman dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman. menurutnya sebagai ajang untuk menjalin tali silaturahmi dan memberikan informasi tentang upaya untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia.

Tema Seminar yaitu "Hidup Bermanfaat di Usia Senja, Lanjut Usia Sejahtera" yang menghadirkan narasumber Dr dr Probosuseno, SE, Sp.PD, K.Ger, FINASIM.

Kegiatan seminar tersebut diawali dengan senam lansia yang diikuti oleh tamu undangan bersama Wakil Bupati Sleman beserta Ketua TP PKK Kabupaten Sleman.


(V001) 12-08-2018 15:42:56


 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024