BUMN HADIR - SMN Kalteng mengunjungi Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta (Video)

id Smn 2018,museum mandala

BUMN HADIR - SMN Kalteng mengunjungi Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta (Video)

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kalimantan Tengah mengamati koleksi pesawat di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (13/8). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 Program BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kalimantan Tengah mengunjungi Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Senin.
       
Kepala Sub Seksi Penataan Koleksi Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Lanud Adisutjipto, Kworosetro Puspoputro mengatakan dengan mengunjungi museum diharapkan mampu menumbuhkan rasa nasionalisne dan patriotisme para  Siswa Mengenal Nusantara (SMN).
         
"Dengan melihat dan mempelajari koleksi-koleksi di sini diharapkan pelajar bisa mengetahui sejarah dan eksistensi TNI Angkatan Udara sebagai kebanggaan bangsa," kata Kworosetro.
         
Sebelum mengunjungi museum, para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang didampingi guru pendamping mendapatkan pelatihan kedisiplinan dari instruktur militer di Jupiter Adventure Zone (JAZ).
         
Di Museum Dirgantara terbesar di Asia Tenggara itu, para peserta SMN mendapatkan wawasan mengenai sejarah perjuangan bangsa Indonesia di wilayah udara.
         
Para siswa berprestasi asal Kalimantan Tengah (Kalteng) selanjutnya diajak melihat berbagai koleksi mulai seragam yang digunakan oleh Angkatan Udara Indonesia sejak masa kemerdekaan RI hingga koleksi alat utama sistem persenjataam (Alutsista) seperti berbagai jenis pesawat tempur, peluru kendali, hingga radar.
       
 Selain itu, mereka juga diajak menyaksikan pemutaran akrobatik udara oleh Jupiter Aerobatik Team (JAT) di Ruang Mini Theater Museum.
         
Kworosetro meyakini dengan pengenalan sejarah kedirgantaraan melalui Museum Dirgantara Mandala dapat efektif membantu pemerintah dalam membentuk karakter generasi muda Indonesia. 
       
"Kami harapkan bisa menjembatani upaya pemerintah dalam membentuk karakter bangsa. Syukur-syukur nanti para siswa menjadi tertarik untuk bergabung menjadi bagian TNI AU," kata dia.
Baca juga: BUMN HADIR- SMN Kalteng mendapatkan pembekalan bela negara
         
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
       
Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
       
Peserta SMN asal Kalimantan Tengah telah tiba di Yogyakarta pada Sabtu (11/8). Mereka akan berada di Yogyakarta selama sepekan untuk mempelajari beragam potensi budaya di Yogyakarta.
       
Sebaliknya, peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.