BUMN HADIR - SMN Kalteng diajak mengenal teori penerbangan militer (Video)

id SMN 2018,Sekolah Penerbangan Adisucipto

BUMN HADIR - SMN Kalteng diajak mengenal teori penerbangan militer (Video)

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kalimantan Tengah diajak mengenali teori dasar penerbangan militer melalui simulator pesawat Grob G 120 TP TNI AU di Sekolah Penerbang Skadron Pendidikan (Skadik) 104 Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Senin (13/8). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Kalimantan Tengah diajak mengenali teori dasar penerbangan militer di Sekolah Penerbang Skadron Pendidikan (Skadik) 104 Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Senin.
       
Pengenalan wawasan penerbangan itu merupakan salah satu kegiatan "Dua Hari Bersama TNI" dalam rangkaian Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri yang berlangsung di Yogyakarta.
         
"Kami mengenalkan para siswa berbagai hal mengenai kematraan udara mulai dari teori dasar penerbangan hingga cara kerja pesawat tempur," kata Komandan Flight B Skadik 104, Mayor Penerbang Nugroho Tri di sela mendapingi para siswa.
           
Saat tiba di Skadron Pendidikan (Skadik) 104, para peserta diajak memasuki ruang Learning Management System (LMS) penerbangan. Di ruangan itu mereka  mendapatkan wawasan mengenai teori penerbangan dasar hingga kekuatan mesin pesawat tempur.
           
Selanjutnya dengan didampingi para calon perwira penerbang, mereka dipersilakan memasuki ruang Flight Training Device (FTD). Di ruangan itu, para siswa berprestasi dari Kalteng mencoba menerbangkan simulator pesawat Grob G 120 TP TNI AU dan dilanjutkan dengan pesawat simulator KT 1 Woong Bee.
         
"Dengan pengetahuan itu, kami harapkan mereka tahu bahwa untuk menjadi seorang penerbang tidak instan, tetapi melalui berbagai tahapan seleksi yang ketat," kata dia.
             
Dengan wawasan itu pula, menurut dia, para siswa SMN 2018 bisa membedakan misi operasi pesawat tempur dengan pesawat sipil. "Sehingga kalau nanti mereka sewaktu-waktu ada yang ingin berkarir di dunia kedirgantaraan, setidaknya mereka tidak mulai dari nol," kata Nugroho.
             
Selepas mendapatkan penjelasan teori dasar penerbangan, para peserta SMN diajak menjajal menaiki pesawat Grob dan pesawat KT 1 Woong Bee . Meski tidak terbang, mereka dapat mengenali fungsi instrumen atau tombol yang menggerakkan kedua pesawat itu secara langsung.
Baca juga: BUMN HADIR- SMN Kalteng mendapatkan pembekalan bela negara
             
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
       
Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
       
Peserta SMN asal Kalimantan Tengah telah tiba di Yogyakarta pada Sabtu (11/8). Mereka akan berada di Yogyakarta selama sepekan untuk mempelajari beragam potensi budaya di Yogyakarta.
       
Sebaliknya, peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.