Haedar Nashir: Indonesia perlu melakukan agenda strategis

id haedar nashir

Haedar Nashir: Indonesia perlu melakukan agenda strategis

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto Antara)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan bahwa banyak permasalahan di Indonesia seperti korupsi, kerancuan sistem politik, hingga masalah kesenjangan.

"Belum lagi ada gesekan sosial tetapi potensi bangsa kita masih besar, maka yang diperlukan adalah kita melakukan agenda-agenda strategis dan semua komponen bangsa ketemu," ujar Haedar dalam diskusi kebangsaan di Jakarta, Senin.

Haedar kemudian menyebutkan perlunya konsep restrukturisasi atau rekonstruksi dalam sistem politik, ekonomi, hukum, sumber daya manusia (SDM) dan budaya.

"Dalam bidang ekonomi, bagaimana negara hadir supaya Indonesia tidak terlalu  kapitalistik. Kemudian dalam sistem budaya bagaimana Indonesia mengelola kemajemukan yang sebenarnya bisa sederhana, namun seringkali ada faktor destruksi dari politik," ujar Haedar.

Terkait dengan problem politik Haedar mengatakan dapat diatasi dengan penataan sistem secara lebih progresif.

"Soal hukum dan bagaimana hukum tidak dijadikan alat politik, itu harus diperhatikan," ucap Haedar.

Terkait dengan persoalan SDM, Haedar menilai kondisi SDM Indonesia masih perlu ditingkatkan.

"Jujur bangsa kita masih tercecer dan kita tidak mungkin menjadi bangsa maju, yang besar, dan berdaya saing jika SDM kita tidak dikembangkan," ujar Haedar.

Haedar menekankan perlunya kebijakan strategis yang memperhatikan perkembangan SDM, terutama pendidikan.

"Wacana anggaran 20 persen untuk pendidikan harus benar-benar direkstrukturisasi, jangan hanya jadi bahan rebutan instansi-instansi," kata Haedar.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024