Sultan : Pramuka harus menjadi jembatan generasi milenial

id Pramuka

Sultan : Pramuka harus menjadi jembatan generasi milenial

kegiatan pramuka (foto Antara)

Bantul (Antaranews Jogja) - Guberbur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, pramuka yang merupakan organisasi pendidikan nonformal harus mampu menjadi jembatan generasi milenia yang kuat dan cerdas. 
     
"Hari ini pada tanggal14 Agustus kita rayakan Hari Pramuka ke 57 dengan tema Pramuka Perekat NKRI, konsekuensinya pramuka harus mampu menjadi jembatan generasi milenia yang kuat dan cerdas," kata Sultan saat menjadi Inspektur Upacara pada Apel Besar Hari Pramuka ke 57 di Kabupaten Bantul, Selasa. 
       
"Artinya kuat dalam membela tegaknya ideologi pancasila, konsisten dan loyal terhadap jiwa Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, membela secara utuh menyatunya NKRI dan kokoh perekatnya semangat Bhineka Tunggal Ika," katanya.
     
Selain itu, lanjut Sultan, gerakan pramuka dalam hal ini keanggotamnya juga harus cerdas aktualisasinya dalam sila kepramukaan sebagai gerakan kemasyarakatan yang berakar pada kebudayaan sendiri dan berbasis generasi muda.
       
Sultan mengatakan, faktanya anggota pramuka tersebut terdiri dari berbagai keragaman etnis, agama, ras, golongan budaya dan tradisi, tetapi bisa disatukan dalam moto bersama yang diikat dalam Dasa Darma, seperti yang diamalkan pramuka. 
     
"Oleh karena itu pramuka harus berada di garda terdepan dalam menjaga dan merawat serta wujudkan empat pilar berbangsa itu, karena ancaman desintegrasi kini kian nyata," katanya. 
     
Gubernur DIY mengatakan, sebagai jembatan generasi milenial yang akan ambil alih kepemimpinan saat Indo emas nanti, maka Pramuka DIY juga harus mampu berperan sebagai inisiator dan kreator dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun semangat kebangsaan dan ke-Indonesiaan di kalangan generasi milenia.
     
"Selain itu diharapkan juga dapat jadi benteng ketahanan budaya dalam membendung penetrasi kerusakan budaya terhadap generasi muda dengan cara pelemahan berbagai apsek kehidupan berbangsa yang secara masif dan terus menerus," katanya. 
     
Sultan menambahkan, sebab tanpa disadari ancaman itu makin terasa, karena ancaman tersebut bagaikan milik sendiri.
     
"Namun apresiasi sebagai kreator dan benteng budaya itu tidak akan bermakana jika Pramuka DIY tidak bisa membuktikan diri sebagai teladan yang mempresentasikan generasi muda," katanya.