Sleman gelar pelatihan pemanfaatan google untuk UMKM

id umkm

Sleman gelar pelatihan pemanfaatan google untuk UMKM

Pengrajin menyelesaikan proses pembuatan patung loro blonyo atau sepasang pengantin di Yogyakarta. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/17.

Sleman (Antaranews Jogja) - Rumah Kreatif Sleman, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Gapura Digital menggelar Pelatihan Dasar Fasilitas Google untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Sleman.
     
"Pelatihan yang dimulai sejak Senin 11 Agustus hingga Rabu 15 Agustus di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sleman ini diperuntukkan bagi 30 peserta yang berasal dari UMKM di wilayah Sleman, pelatihan berlangsung setiap hari Rabu sebanyak enam seri," kata Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Madya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Agung Tri Rahmanto, Rabu.
     
Menurut dia, UMKM perlu memanfaatkan fitu Google secara lebih optimal untuk mengembangkan usahanya.
     
"Mungkin saat ini UMKM masih terbatas dengan menawarkan produknya dengan medsos atau marketplace, tapi dengan pelatihan ini UMKM bisa mengetahui fitur-fitur yang disediakan oleh Google untuk mengelola usahanya," katanya.
     
Ia mengatakan, pihaknya percaya, dengan mendalami pengetahuan tentang fitur Google, UMKM bisa mempromosikan dan mengenalkan produk UMKM miliknya dengan lebih maksimal.
     
"Pintu masuk utama dari Google itu kan search engine, harapannya dengan tahu terkait ini rating produk mereka bisa lebih tinggi dan lebih bisa dicari oleh masyarakat," katanya.
     
Sementara itu, Dimas dari Gapura Digital berharap melalui materi yang disampaikannya ke depan UMKM bisa menggunakan fitur Google Bisnisku dengan lebih mudah.
     
"Jadi UMKM bisa memasarkan produk dan servisnya langsung di Google Maps, jadi ketika konsumen nyari di Google Maps langsung ketemu kira-kira produk dan servis apa yang relevan buat mereka," katanya.
     
Salah satu peserta dari UMKM Disya Griya Busana, Ika  mengakui pelatihan ini membuatnya mengerti terkait perkembangan usaha secara online.
     
"Kami bisa dibukakan caranya, jadi ke depannya sangat membantu sekali bagaimana mengembangkan usaha melalui online juga melalui digital," kata Ika.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024