BUMN HADIR - 23 Peserta SMN Kalteng kunjungi UGM

id SMN2018 kunjungi ugm,SMN 2018

Para peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kalimantan Tengah mendengarkan penjelasan mengenai profil Universitas Gadjah Mada (UGM) dari Kasubbag Layanan Informasi Bagian Humas dan Protokol UGM Hestining Kurniastuti di Gedung Pusat, UGM, Rabu (15/8). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 peserta Program Siswa Mengenal Nusantara BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kalimantan Tengah mengunjungi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu.
     
Para siswa SMA/SMK dan SLB berprestasi asal Kalteng yang didampingi perwakilan guru dan Dinas Pendidikam Provinsi Kalteng diterima oleh Kasubbag Layanan Informasi Bagian Humas dan Protokol UGM Hestining Kurniastuti di ruang Multimedia, Gedung Pusat UGM.
       
"Kunjungan ini kami harapkan bisa membuka wawasan SMN Kalteng tentang fakultas dan program studi yang akan dipilih saat ingin melanjutkan kuliah," kata Nia panggilan akrab Hestining Kurniastuti saat menyambut para peserta SMN asal Kalteng.
         
Dalam kunjungan itu, 23 siswa peserta SMN asal Kalteng mendapatkan pemaparan seputar profil dan sejarah berdirinya UGM. 
         
Mereka juga mendapatkan penjelasan tentang beragam fakultas dan karakteristik prodi di UGM,  kegiatan mahasiswa, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, hingga beasiswa yang bisa diraih mahasiswa selama kuliah di universitas yang kini menempati urutan ketiga terbaik se-Asia Tenggara itu.
         
Menurut Nia, saat ini merupakan kesempatan para peserta SMN yang rata-rata telah duduk di kelas XI dan XII SMA untuk menentukan pilihan jurusan yang diminati sekaligus mempersiapkan diri mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.
       
 "Kalau tidak tahu informasi apa-apa soal perguruan tinggi akan susah menentukan minat dan pilihan. Sekarang adalah kesempatan mereka mempersiapkan semuanya untuk menghadapi seleksi satu atau dua tahun ke depan," kata dia.
         
Di hadapan para siswa Kalteng, Nia juga menyampaikan bahwa kuliah di Yogyakarta memiliki kelebihan tersediri dibanding di daerah lainnya. Hal itu, menurut dia, terutama diukur dari besaran biaya hidup serta kondisi sosial dan budaya di Yogyakarta yang sangat mendukung suasana belajar.
             
"Meskipun lingkungan kampus dekat dengan berbagai modernitas tetapi suasana di sekitarnya masih tradisional sehingga untuk belajar sangat kondusif sekali. Biaya hidup juga relatif rendah," kata dia.
Baca juga: BUMN HADIR - 23 peserta SMN Kalteng mengunjungi Sanggar Anak Alam
         
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
       
Di Yogyakarta SMN digelar oleh PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
       
Peserta SMN asal Kalimantan Tengah akan berada di Yogyakarta selama sepekan sejak 11 Agustus 2018 untuk mempelajari beragam potensi budaya di Yogyakarta.
       
Sebaliknya, peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.
Baca juga: BUMN HADIR - SMN Kalteng diajak mengenal teori penerbangan militer (Video)
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar