BUMN HADIR - SMN Kalteng melihat hasil riset siswa SMA 6 Yogyakarta

id Smn 2018,riset siswa sma6

Peserta SMN Kalteng melihat kebun hidroponik yang dikembangkan para siswa SMA 6 Yogyakarta, Rabu. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta, (Antaramews Jogja) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kalimantan Tengah mengunjungi serta melihat-lihat hasil riset para siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, Rabu.
       
"SMA 6 Yogyakarta telah berhasil meraih Adiwiyata tingkat nasional dan sekarang kami sedang berusaha untuk meraih Adiwiyata mandiri," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Yogyakarta, Gigih Kuncara saat menyambut para siswa asal Kalteng itu.
       
Menurut Gigih, selain menjadi sekolah pelaksana Program Kewirausahaan, SMA 6 Yogyakarta juga memiliki sejumlah program unggulan lainnya seperti layanan riset. Salah satu aktivitasnya adalah melakukan penelitian di bidang rekayasa dan pengolahan. 
       
Gigih berharap kunjungan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) bisa membuat para siswa dari SMA/SMK/SLB asal Kalimantan Tengah (Kalteng) dan siswa di SMA 6 Yogyakarta saling mengenal. "Kami juga berharap bisa memberikan wawasan baru bagi para siswa dari Kalteng, begitu pula sebaliknya," kata dia.
       
Setelah mendapatkan penjelasan mengenai profil SMA 6, peserta SMN asal Kalteng selanjutnya diajak berkeliling ke laboratorium pengolahan, kebun hidroponik, laboratorium rekayasa, hingga laboratorium kewirausahaan. Dilaboratoroum rekayasa para siswa Kalteng ditunjukkan beragam hasil riset siswa SMA 6 seperti "carbon reducer", batako antipencemaran sungai, hingga "safety motorcycle handlebar".
       
 Perwakilan guru pendamping SMN Kalteng Muhammad Isa mengaku kagum dengan para siswa SMA 6 Yogyakarta. Menurut dia, siswa SMA 6 Yogyakarta memiliki minat riset yang kuat sehingga bisa menginspirasi siswa Kalteng.
Baca juga: BUMN HADIR - 23 Peserta SMN Kalteng kunjungi UGM
         
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
       
Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
       
Peserta SMN asal Kalimantan Tengah akan berada di Yogyakarta selama sepekan sejak 11 Agustus 2018 untuk mempelajari beragam potensi budaya di Yogyakarta.
       
Sebaliknya, peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.
Baca juga: BUMN HADIR- SMN Kalteng mendapatkan pembekalan bela negara
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar