BUMN HADIR - SMN Kalteng belajar kewirausahaan di Rumah Kreatif BUMN

id Smn 2018,rumah kreatif BUMN

BUMN HADIR - SMN Kalteng belajar kewirausahaan di Rumah Kreatif BUMN

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Kalimantan Tengah melihat proses pembuatan souvenir dari limbah kayu di Rumah Kreatif BUMN (RKB) Yogyakarta, Kamis (16/8) (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 asal Kalimantan Tengah belajar kewirausahaan di Rumah Kreatif BUMN Yogyakarta, Kamis.
       
Selain mendapatkan teori kewirausahaan, para siswa berprestasi dari SMA/SMK/SLB di Kalimantan Tengah (Kalteng) juga diperlihatkan praktik pembuatan sejumlah produk usaha secara langsung.
         
"Dengan bekal wawasan kewirausahaan sejak muda dan praktik sejak muda, mudah-mudahan saat mereka kuliah nanti bisa membuat usaha beneran ," kata Direktur Program Rumah Kreatif BUMN (RKB) Yogyakarta, Bio Hadikesuma.
         
Menurut Bio, para siswa peserta SMN yang rata-rata berusia 15-16 tahun pada dasarnya telah memiliki skill untuk membuat sebuah produk. Hanya saja, menurut dia, biasanya mereka belum mengetahui cara mengemas dan menjualnya di pasaran.
           
"Mereka sebetulnya punya skill cuma belum tahu kalau itu bisa dijual. Sebenarnya dari hoby mereka saja bisa diarahkan untuk menghasilkan hal-hal yang bernilai ekonomi," kata Bio.
           
Di RKB Yogyakarta, para siswa asal Kalteng dibekali kiat pengemasan produk, pembuatan merek,  hingga penulisan deskripsi produk yang akan dipasarkan secara online. Kemudian, mereka juga mendapatkan pelatihan singkat cara membuat souvenir berbahan limbah kayu serta pembuatan animasi.
           
Account Manager PT Telkom Indonesia Yogyakarta Riska Suryani yang ikut memberikan materi kewirausahaan mengatakan peserta SMN perlu diarahkan menjadi wirausahawan karena potensi ekonominya lebih besar diabanding mereka menjadi pegawai.
         
"Mereka masih muda, sangat potensial untuk diarahkan menjadi pelaku UKM, apalagi di Kalimantan Tengah banyak sekali pengrajin yang bisa mendukung usaha mereka," kata dia.
Baca juga: Baca juga: BUMN HADIR - SMN Kalteng melihat hasil riset siswa SMA 6 Yogyakarta
       
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
       
Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
       
Peserta SMN asal Kalimantan Tengah akan berada di Yogyakarta selama sepekan sejak 11 Agustus 2018 untuk mempelajari beragam potensi budaya di Yogyakarta.
       
Sebaliknya, peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.
Baca juga: BUMN HADIR- SMN Kalteng kunjungi Taman Pintar Yogyakarta