Penerima BPNT diminta segera cairkan bantuan

id bantuan pangan non tunai, BPNT

Warha sedang mencairkan bantuan pangan nontunai (ANTARA FOTO)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Dinas Sosial Kota Yogyakarta meminta penerima bantuan pangan non tunai segera mencairkan bantuan yang rutin diterima tiap bulan untuk memudahkan proses pencairan.
   
“Dana yang diterima warga penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) memang bisa disimpan dulu dan baru dicairkan saat dibutuhkan. Namun, masyarakat disarankan untuk segera mencairkannya rutin tiap bulan,” kata Kepala Bidang Bantuan dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kota Yogyakarta Iriyanto Edi Purnomo di Yogyakarta, Kamis.
   
Menurut dia, penerima akan lebih mudah jika rutin mencairkan bantuan setiap bulan karena dana bantuan yang terakumulasi tidak bisa dicairkan langsung secara penuh tetapi harus mengikuti pencairan tiap bulan. 
   
Hal tersebut, lanjut dia, disebabkan “wallet” untuk dana bantuan memiliki kode yang berbeda-beda setiap bulan sehingga pencairan harus dilakukan satu per satu sesuai kode yang dimiliki.
   
“Memang tetap bisa dicairkan, tetapi prosesnya membutuhkan waktu lebih lama,” katanya.
   
Setiap bulan, penerima bantuan pangan non tunai memperoleh dana bantuan sebesar Rp110.000 yang langsung ditransfer masuk ke rekening setiap penerima.
   
Dana bantuan tersebut, lanjut dia, dapat dicairkan untuk membeli kebutuhan pangan seperti beras dan telur ayam. “Setiap penerima bisa memilih jumlah beras dan telur yang akan dibeli disesuaikan dengan kebutuhan keluarga,” katanya.
   
Di Kota Yogyakarta, pencairan bantuan pangan non tunai dilakukan rutin tiap tanggal 25 setiap bulan. Penerima bisa langsung datang ke e-warong di wilayah masing-masing untuk mencairkan bantuan.
   
“Rata-rata, mereka sudah memahami jika pencairan bantuan dilakukan rutin tiap tanggal 25,” katanya. 
   
Namun demikian, lanjut Iriyanto, masih ada beberapa kendala pencairan seperti dana belum masuk ke rekening penerima. 
   
“Hal itu salah satunya disebabkan, penerima bantuan juga menjadi sasaran program keluarga harapan (PKH). Mereka menerima dua kartu. Namun, setelah datanya disinkronisasikan, dana bantuan bisa disalurkan,” katanya.
   
Pada tahun ini, jumlah penerima bantuan pangan non tunai di Kota Yogyakarta ditetapkan sebanyak 17.634 penerima. “Sampai saat ini, belum ada informasi apapun terkait penambahan jumlah penerima BPNT. Begitu pula untuk penerima PKH,” katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar