BUMN HADIR- SMN Kalteng mempelajari sejarah Kesultanan Yogyakarta

id BUMN HADIR - SMN,BELAJAR SEJARAH YOGYAKARTA

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kalimantan Tengah berkeliling di kompleks Keraton Yogyakarta, DI Yogyakarta, Kamis (16/8). Kunjungan SMN di kompleks Keraton Yogyakarta tersebut untuk mempelajari sejarah, adat dan budaya Keraton Yogyakarta sebagai rangkaian program "BUMN Hadir Untuk Negeri". ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/18.

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Kalimantan Tengah mempelajari sejarah Kasultanan Yogyakarta dengan mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kamis.
       
Saat tiba di regol atau pintu gerbang Srimanganti, para siswa berprestasi dari SMA/SMK/SLB di Kalimantan Tengah yang telah dibagi menjadi dua kelompok langsung disambut oleh dua pemandu wisata keraton.
         
"Saya merasa beruntung bisa melihat langsung kilas balik Keraton Yogyakarta. Sebelumnya hanya lihat dari televisi," kata salah satu peserta SMN Kalteng, Fadil Firzatullah (17).
           
Setelah melalui regol, para siswa diajak masuk ke kawasan Pelataran Srimanganti. di pelataran itu, mereka mendapat penjelasan singkat mengenai berdirinya Keraton Ngayogyakarta serta fungsi dari Bangsal Srimanganti yang merupakan tempat sultan menjamu tamu.
           
Setelah melalui Regol Danapratapa, para siswa selanjutnya beranjak menuju Pelataran Kedaton yang merupakan pelataran utama Keraton Ngayogyakarta. Di pelataran yang dianggap paling sakral itu, mereka mendapatkam penjelasan mengenai sejumlah bangunan mulai Bangsal Kencana, Bangsal Manis, hingga Gedong Jene.
             
Tidak berhenti di situ, pemandu wisata mengajak mereka memasuki Museum Batik, Museum Keramik dan Kristal, hingga Museum HB IX. 
             
Di Museum HB IX mereka melihat langsung barang-barang Sultan HB IX dari masa kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga beliau meninggal dunia. Mereka juga dapat mengetahui kiprah HB IX saat terlibat dalam perjuangan kemerdekaan hingga menjadi pejabat negara RI melalui sejumlah dokumentasi di dalamnya.
           
"Kunjungan ini sangat mengobati rasa keingintahuan saya terhadap sejarah Keraton Yogyakarta khususnya melalui barang-barang milik sultan yang masih terawat dan tersimpan dengan rapi," kata Fadil yang merupakan siswa SMK Negeri 2 Palangkayara ini.
Baca juga: BUMN HADIR - 23 peserta SMN Kalteng mengunjungi Sanggar Anak Alam
             
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
           
Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
         
Peserta SMN asal Kalimantan Tengah akan berada di Yogyakarta selama sepekan sejak 11 Agustus 2018 untuk mempelajari beragam potensi budaya di Yogyakarta.
       
Sebaliknya, peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.
Baca juga: BUMN HADIR- SMN Kalteng kunjungi Kampung Mataraman
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar