Bantul gandeng 32 perusahaan adakan bursa kerja

id Bursa kerja

Bantul gandeng 32 perusahaan adakan bursa kerja

ilustrasi Bursa Lowongan Kerja (antaranews.com)

Bantul (Antaranews Jogja) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggandeng sebanyak 32 perusahaan untuk mengadakan bursa kerja atau job fair bagi angkatan pencari kerja yang akan diselenggarakan pada 28 sampai 30 Agustus 2018.
     
"Ada sebanyak 32 perusahaan baik perusahaan lokal maupun nasional yang kita gandeng untuk pelaksanaan job fair dari 28 sampai 30 Agustus nanti," kata Kepala Bidang Penempatan Kerja, Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Disnakertrans Bantul Istirul Widilastuti di Bantul, Kamis.
       
Menurut dia, job fair yang diselenggarakan Disnakertrans Bantul bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta di Pyramid Yogyakarta Jalan Parangtritis itu rencananya akan dibuka Bupati Bantul dan dihadiri sejumlah pejabat terkait di lingkungan pemda setempat. 
       
Ia mengatakan, job fair yang digelar secara gratis bagi masyarakat Bantul dan sekitarnya itu akan menyediakan sekitar 3000 lowongan kerja di semua perusahaan tersebut, mulai dari kualifikasi pendidikan tamatan SMA dan SMK, Diploma hingga sarjana.
     
"Bagi warga pencaker (pencari kerja) yang berminat terlebih dulu bisa mendaftar yang sesuai mekanisme melalui sistem online di website. Dengan 32 perusahaan itu harapannya bisa membantu kami untuk menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya," katanya.
     
Kepala Disnakertrans Bantul Heru Suhadi mengatakan, dengan adanya jon fair tersebut diharapkan dapat menyediakan lapangan kerja bagi ribuan tenaga kerja di Bantul yang sampai saat ini masih menganggur atau belum mendapatkan pekerjaan dengan layak sesuai keahliannya. 
       
"Ini terbuka bagi pencaker di seluruh daerah di DIY, akan tetapi harapannya dari warga Bantul sendiri yang masuk, mengingat  di Bantul berdasarkan data pengangguran dari statistik (Badan Pusat Statistik) angkanya sekitar 17 ribuan orang," katanya. 
       
Dia juga berharap, bagi angkatan kerja Bantul terutama lulusan SMA/SMK sederajat  yang belum lama lulus sekolah bisa mengikuti job fair tersebut, untuk berburu lapangan pekerjaan sesuai keahlian yang dimiliki. 
     
"Semua lulusan ada lowongan kerjanya, namun yang paling banyak lulusan SMA/SMK, ini kesempatan bagi mereka," katanya.