Menaker instruksikan penyaluran bantuan gempa ke pelosok Lombok

id hanif

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (antaranews.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menginstruksikan agar penyaluran bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat bisa sampai langsung kepada masyarakat yang membutuhkan hingga daerah pelosok sulit terjangkau.

Siaran pers Kemnaker diterima Antara, Kamis, disebutkan telah mengerahkan Mobil Training Unit (MTU), mobil Unit Reaksi Cepat (URC) Pengawas Ketenagakerjaan serta kendaraan-kendaraan dinas untuk mempercepat penyaluran sumbangan bantuan yang telah terkumpul
   
Untuk mempermudah penyaluran bantuan, Kemnaker mendirikan dua posko Kemnaker Peduli Lombok yang terletak di Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur.

Kemnaker juga telah mendirikan dapur umum dan posko pelayanan kesehatan di beberapa titik bencana serta penyaluran bantuan sumbangan bantuan secara langsung kepada masyarakat.

"Sesuai instruksi Menaker  terus berupaya untuk mempercepat proses penyaluran bantuan sehingga dapat segera dimanfaatkan para korban bencana gempa bumi yang sangat membutuhkan," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Hery.

Hery mengatakan sejak terjadinya bencana gempa bumi, Kementerian Ketenagakerjaan langsung bergerak menggalang dana dan sumbangan bantuan yang berasal dari para pegawai Kemnaker dan masyarakat umum.

Tim Kemnaker Peduli Gempa Lombok terus bergerak untuk menjemput dan menyebarkan bantuan bagi masyarakat, termasuk melakukan pelayanan kesehatan dengan mengerahkan 24 dokter dan tim medis dari pengawas ketenagakerjaan, kata Sekjen Hery.

Bantuan dari Kemnaker juga ditujukan bagi masyarakat yang berada di Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang menjadi desa binaan Kemnaker yaitu Desa Bentek dan Genggelang yang banyak dihuni Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran dan Keluarganya.

Semoga bantuan yang kita kirimkan dapat bermanfaat dan mampu meringankan saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah gempa bumi di Lombok  dan sekitarnya, kata Hery.

Adapun bantuan dari aksi Kemnaker Peduli Gempa Lombok  yang diserahkan kepada masyarakat diantaranya meliputi 17 tenda, 30 terpal, 40 matras 2 toren air, ribuan paket sembako, pakaian, makanan-minuman, selimut, peralatan dapur umum, buku gambar dan pensil warna untuk anak-anak.

Selain itu ada dana bantuan uang yang sebelumnya telah  digalang bersama pegawai  Kemnaker dan masyarakat umum.

Sebagai persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha, Kemnaker juga menyerahkan  hewan qurban yang terdiri dari 7 ekor sapi dan 5 ekor kambing bagi masyarakat Lombok yang sedang ditimpa musibah gempa bumi. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar