BUMN HADIR - SMN Kalteng menikmati wisata " Lava Tour Merapi"

id Smn 2018,lava tour merapi

BUMN HADIR - SMN Kalteng menikmati wisata " Lava Tour Merapi"

Sejumlah peserta Siswa Mengenal Nusantara dari Kalimantan Tengah mencari spot foto dengan latar belakang puncak Gunung Merapi di kawasan Bunker Kaliadem, Sabtu (18/8). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara dari Kalimantan Tengah menikmati wisata "Lava Tour Gunung Merapi" di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu.
       
Dengan menggunakan jeep, para siswa berprestasi dari SMA/SMK/SLB Kalimantan Tengah itu diantar oleh para pemandu wisata mengelilingi kawasan gunung api teraktif di Indonesia itu.
       
 "Saya menjadi tahu hal-hal mendetail tentang Gunung Merapi," kata Ketua Tim Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kalimantan Tengah, Fadil Firzatullah (17) disela menikmati panorama gunung yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah itu.
           
Menurut Fadil, selama ini ia hanya mengenal Gunung Merapi melalui media massa yang lebih banyak memberitakan Merapi saat terjadi erupsi. Adapun keindahan panorama gunung itu tidak banyak disorot. 
       
"Panoramanya sangat indah dan bagus. Ini pertama kali saya melihat Gunung Merapi, sangat senang sekali apalagi di Kalimantan Tengah tidak ada gunung merapi," kata siswa SMK Negeri 2 Palangkayara ini. 
           
Dengan menempuh perjalanan kurang lebih satu jam, para siswa diajak mengunjungi sejumlah destinasi menarik di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) itu. 
           
Mereka diajak memasuki Museum "Omahku Memoriku. Museum yang terletak di Dusun Kepuharjo, Cangkringan itu merupakan bekas rumah yang menyimpan sisa-sisa benda seperti sepeda motor, meja, kursi hingga perkakas rumah tangga seperti sendok, tremos, garpu yang sudah tidak utuh lagi akibat terjangan awan panas saat erupsi 2010.
           
Selain itu, para siswa juga diajak melihat Bunker Kaliadem di lereng Gunung Merapi. Bunker yang dibangun sejak masa penjajahan Belanda itu digunakan untuk berlindung saat terjadi erupsi.
             
Sebelum meninggalkan kawasan lereng Gunung Merapi, tidak lupa mereka mencari spot menarik untuk melakukan foto bersama dengan latar belakang pemandangan Gunung Merapi.
Baca juga: BUMN HADIR- SMN Kalteng kunjungi Taman Pintar Yogyakarta
           
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
           
Di Yogyakarta SMN digelar PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
         
Adapun peserta SMN Yogyakarta telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.             

Baca juga: BUMN HADIR - SMN Kalteng kunjungi Candi Borobudur