BUMN HADIR - SMN Kalteng kunjungi Candi Borobudur

id Smn 2018

BUMN HADIR - SMN Kalteng kunjungi Candi Borobudur

Peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Kalimantan Tengah mengunjungi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/8). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Magelang (Antaranews Jogja) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara asal Kalimantan Tengah mengunjungi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu.
     
Kegiatan kunjungan dalam rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri itu dihelat oleh PT Angkasa Pura 1 (persero) selaku penanggung jawab bersama PT Garuda Indonesia (Persero), PT Indonesia Re (Persero), dan PT Kliring Berjangka Indonesia.
       
"Ini pengalaman sangat berharga bagi saya karena bisa mengenal kekayaan Nusantara lebih jauh, bukan hanya sekitar Kalimantan saja," kata salah seorang peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kalimantan Tengah (Kalteng) Monalisa (17).
         
Menurut siswi SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya ini, Candi Borobudur merupakan salah satu situs kekayaan Nusantara yang perlu terus menerus dijaga kelestariannya.
         
"Ini pengalaman pertama bagi saya. Saya tahu Borobudur baru dari pelajaran di sekolah sebagai warisan amat berharga bagi bangsa Indonesia, khususnya Umat Budha," kata Monalisa.
               
Setelah berjalan kaki sejauh 250 meter dari pintu gerbang utama, para siswa menaiki Candi Borobudur hingga puncak candi. Mereka juga mendapatkan penjelasan dari pemandu wisata mengenai sejarah serta cerita dari relief yang terpahat di sepanjang dinding Candi Buddha terbesar di dunia itu.
Baca juga: BUMN HADIR- SMN Kalteng kunjungi Kampung Mataraman
           
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.
         
 Peserta SMN asal Kalimantan Tengah berada di Yogyakarta selama sepekan sejak 11 Agustus 2018 untuk mempelajari beragam potensi budaya dan adat istiadat yang ada di Yogyakarta.
         
Peserta SMN asal Daerah Istimewa Yogyakarta juga telah diberangkatkan ke Kalimantan Tengah untuk mengikuti program serupa.***4***
Baca juga: BUMN HADIR - SMN Kalteng menikmati wisata " Lava Tour Merapi"