Sekjen PDI Perjuangan: pembukaan Asian Games penuh tradisi kebudayaan

id hasto kristiyanto

Sekjen PDI Perjuangan: pembukaan Asian Games penuh tradisi kebudayaan

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Upacara seremonial pembukaan "event" olahraga Asian Games 2018 yang penuh tradisi kebudayaan menjadi penanda bahwa Gelora Bung Karno adalah Mercusuar Kebudayaan Indonesia, kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Menurut Hasto, PDI Perjuangan sangat berbangga atas kemasan kebudayaan Indonesia yang ditampilkan dengan sangat baik dalam pembukaan Asian Games ke-18. 

"Semua sangat membanggakan, dan berakar kuat pada kebudayaan Indonesia. Suara kebangkitan kebudayaan  Indonesia bergema di seluruh Asia, terlebih dengan kejutan tampilan Pak Jokowi yang elegan, menghentak, dan penuh ruang kreativitas yang membuat Indonesia bangga punya sosok presiden visioner, milenial, dan penuh gagasan kreatif tersebut," katanya.

Seperti bisa dilihat oleh seluruh rakyat Indonesia,  sesi tampilan spektakuler pembukaan Asian Games menjadi reinkarnasi semangat Bung Karno yang terus mengumandangkan Indonesia sebagai bangsa yang begitu kaya dengan tradisi kebudayaannya.

Hasto menyebutkan bahwa Indonesia yang hebat dengan sejarahnya; dan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat, berdikari, dan bangga dengan kebudayaan Indonesia dengan alam rayanya yang begitu indah. "Identitas kebudayaan itulah yang menjadi ciri martabat kita sebagai bangsa besar, bukan kebudayaan bangsa lain," katanya. 

"Terbukti kebudayaan Indonesia begitu berwarna, penuh pesona dan mengekspresikan nilai-nilai kemanusiaan yang begitu kental. Trisakti Bung Karno begitu membumi," kata Hasto. 

Secara khusus, Hasto Kristiyanto menyampaikan rasa penghargaan dan terima kasih kepada Erick Thohir dan Wishnutama Kusubandio sang arsitek acara pembukaan Asian Games 2018. 

Sentuhan koreografer dunia Eko Supriyanto dan Denny Malik, pengarah musik Addie MS, dan tampilan memukau Anggun C Sasmi, Via Vallen, Raisha, Ariel, Tulus, Rossa, Candra Khan, Putri Ayu, Kamasean, Edo, Joey Alexander, dan lain-lain yang telah menghadirkan Gelora Bung Karno pada karakter sejatinya.

Menurut dia, pembukaan Asian Games sungguh menjadi energi kebangkitan kebudayaan Indonesia. Gelora Bung Karno telah hadir kembali dengan seluruh spirit juangnya, menjadi simbol kekuatan "the new emerging forces", dan kini makin lengkap sebagai  mercusuar tampilan kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Rote sampai Mianggas.

"Profesiat untuk Pak Jokowi, super top dan tetap mengakar pada jati diri kepribadian bangsa. Profisiat juga untuk panitia dan seluruh pihak yang terlibat dalam pembukaan Asian Games 2018," kata Hasto Kristiyanto.

Rasa bangga juga disampaikan oleh Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY.  Ajang olahraga berlevel Asia diharapkan membawa semangat sportivitas juga unjuk prestasi anak bangsa dalam olahraga. 

"Olahraga membawa banyak nilai semangat juang.  Bagaimana menjadi juara dengan penuh disiplin dan kerjasama tim dalam olahraga beregu,  kita berharap seluruh atlet Indonesia yang bertanding berikan prestasi terbaik,  kibarkan merah putih dan jadi juara," kata Eko Suwanto.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024