Petani didorong tingkatkan kualitas bawang merah

id bawang merah

Petani didorong tingkatkan kualitas bawang merah

Ilustrasi petani panen bawang merah (Foto antarafoto.com)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian mendorong petani di sentra produksi dapat menghasilkan bawang merah yang berkualitas sesuai kebutuhan ekspor.

"Yang jelas kami mendorong petani di sentra produksi bawang merah agar menghasilkan yang berkualitas, terutama dihasilkan dengan waktu panen yang baik antara Juli sampai November," kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto saat dihubungi Antara di Jakarta, Minggu.

Prihasto memaparkan ciri-ciri bawang merah berkualitas ekspor tersebut adalah berukuran diamter minimal 2,5 cm, berbentuk bulat tidak lonjong, dan berwarna merah terang.

Ada pun Kementerian Pertanian menargetkan ekspor bawang merah sepanjang 2018 sebanyak 15 ribu ton, atau naik dua kali lipat dari tahun lalu sebanyak 7.750 ton.

Prihasto menuturkan hingga November 2018, bawang merah akan diekspor ke sejumlah negara Asia Tenggara yang memiliki pasar besar, seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam dan Filipina.

Pada awal Juli lalu, Indonesia telah melakukan ekspor sebesar 6.000 ton bawang merah ke Singapura. Bawang merah tersebut berasal dari PT PT Aman Buana Putera, Surabaya, Jawa Timur.

Setelah itu, ekspor kembali dilakukan dari salah satu sentra pertanian bawang merah, yakni Brebes, Jawa Tengah, sebanyak 5.600 ton bawang merah ke Thailand. Ekspor tersebut dilakukan oleh  PT Revi Makmur Sentosa.

Data Kementan menunjukkan, penghentian impor bawang merah sudah dilakukan sejak 2016, justru malah mengekspor sebanyak 736 ton. Setahun kemudian yakni pada 2017, Indonesia kembali mengekspor sebanyak 7.750 ton atau naik 93,5 persen dari tahun sebelumnya.

Ekspor tersebut sejalan dengan naiknya luas areal tanam bawang merah, jadi 158.172 hektare pada tahun 2017 atau naik 5,71 persen dibanding tahun 2016. Kabupaten Brebes menyumbang 18,5 persen areal tanam bawang merah secara nasional.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024