Pariwisata Dlingo tumbuhkan perekonomian wilayah

id dlingo

Pariwisata Dlingo tumbuhkan perekonomian wilayah

Jelajah wisata Dlingo oleh Bupati Bantul dan pejabat setempat (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Sektor pariwisata di wilayah Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mampu menumbuhkan perekonomian wilayah yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat.
    
"Jadi memang bidang pariwisata di Dlingo dalam tiga tahun ini mulai alami perubahan yang luar biasa, Dlingo yang dulunya sepi, sekarang menjadi ramai, tanah yang dulu tidak laku sekarang jadi rebutan," kata Camat Dlingo Jati Bayubroto di Bantul, Senin.
    
Menurut dia, sektor pariwisata Dlingo yang terus berkembang dengan kemunculan objek-objek wisata baru yang menjadi tujuan favorit wisatawan juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat wilayah perbukitan itu.
    
"Mata pencaharaian yang dulu pertanian terbatas sekarang melebar di sektor pariwisata dan ini didukung semangat masyarakat terutama kelompok masyarakat yang hampir semua mengawali pariwisata dengan gotong royong," katanya.
    
Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah daerah melalui kecamatan bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan memperluas jangkauan dalam pembangunan bidang pariwisata Dlingo agar semakin berkembang.
    
Ia menjelaskan, upaya memperluas pembangunan sektor pariwisata Dlingo selain yang sudah dikolaborasikan dengan seni budaya dan kondisi alam, juga ke depan disinergikan dengan sektor ekonomi kreatif di daerah ini.
    
"Supaya pariwisata bisa memberikan dampak yang lebih luas lagi akan kita gabungkan dengan produk-produk yang sudah ada. Misalnya di kerajinan bambu itu agar nantinya bisa bersinergi dengan pariwisata," katanya.
    
Dengan demikian, kata dia, pariwisata Dlingo bisa mengangkat sektor-sektor yang sudah ada di Bantul sisi timur tersebut, mengingat ada satu desa di Dlingo yaitu Desa Munthuk yang menjadi sentra kerajinan bambu.
    
"Ini yang nanti akan kita kemas agar bisa menjadi daya tarik di sektor pariwisata, kemudian juga makanan lokal termasuk seni budayanya. Artinya memang sektor pariwisata ini luar biasa, kita berharap pariwisata Dlingo bisa berkelanjutan," katanya.
    
Di wilayah Dlingo terutama di Desa Mangunan terdapat beberapa spot wisata, seperti Hutan Pinus, Puncak Becici, Puncak Pengger, Desa Wisata Kaki Langit dan Seribu Batu Songgolangit yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.