Pemkab serahkan hewan kurban kepada takmir masjid

id Hewan kurban

Pemkab serahkan hewan kurban kepada takmir masjid

Hewan kurban.(Foto ANTARA/Yody Putra Pratama/ags/16)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan 15 ekor kambing hewan kurban kepada takmir-takmir masjid di wilayah ini.
     
Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Gunung Kidul Azman Latif  di Gunung Kidul, Senin, mengharapkan penyaluran hewan kurban ini diharapkan memberikan semangat berkurban kepada masyarakat dan bermanfaat.
     
"Bantuan ini diharapkan memberi manfaat kepada masyarakat," katanya.
     
Dia mengatakan Pemkab Gunung Kodul menyalurkan 15 ekor kambing hewan kurban kepada takmir-takmir masjid. Hasil dari iuran para pegawai dan BUMD. "Ada 15 ekor kepada masyarakat," katanya.
     
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunung Kidul Bambang Wisnubroto berharap masyarakat mewaspadai penyakit cacing hati pada hewan kurban.
     
"Nantinya pada penyembelihan ditemukan ada cacing hari, sebaiknya segera dibuang dan tidak dikonsumsi," katanya.
     
Selain itu, hewan ternak yang banyak makan dari Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) perlu diwaspadai. Mengingat hewan ternak tersebut mengkonsumsi sampah.
     
"Masyarakat juga perlu mewaspadai hewan ternak yang mengkonsumsi makan dari TPAS, karena tidak sehat,” kata Bambang.
     
Dia mengatakan pemantauan pihaknya akan menerjunkan 169 petugas pada pelaksanaan hari kurban atau Idul Adha. Sehingga pemotongan hewan kurban di Gunung Kidul ini dapat terpantau.
     
Adapun untuk ketersediaan hewan kurban masih mencukupi. Data dinas tercatat kebutuhan sapi sebanyak 3.250 ekor, sedangkan persediaan mencapai 6.295 ekor. Untuk kambing stok masih mencukupi sebanyak 23.290 ekor.
     
"Sebelumya juga sudah dilakukan pemantauan di lapangan. Termasuk memberikan pelatihan kepada para takmir masjid tentang penyembelihan hewan," katanya.