Pemilih pemula di Kulon Progo rekam KTP elektronik

id Pemilih pemula

ilustrasi Pemilih Pemula (antarafoto.com)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik kepada pemilih pemula di SMA BOPKRI Wates dan SMA Negeri 1 Wates.
    
"Perekaman KTP-el calon pemilih pemula ini sebagai bentuk dukungan Disdukcapil Kulon Progo dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019," kata Petugas Perekaman Disdukcapil Kulon Progo Handono Suryo Putro di Kulon Progo, Senin.
     
Handono mengatakan oerekaman dilakukan kepada seluruh siswa yang belum mempunyai KTP-el atau belum pernah melakukan perekaman di kantor Disdukcapil, atau kecamatan Kalibawang dan Kecamatan Galur. Seluruh siswa yang akan  mencapai umur 17 tahun di April nanti juga diberikan hak untuk melakukan perekaman.
     
Ia mengatakan Disdukcapil melalukan perekaman KTP-el pemilih pemula di 10 sekolahan selama Agustus. Adapun tidak ada target khusus berapa yang bakal direkam. Disdukcapil sendiri menginginkan seluruh siswa yang telah 17 tahun atau bakal menjadi 17 tahun April 2019 mendatang bisa mendapatkan bukti perekaman.
     
"Kedatangan kami ke sekolah-sekolah merupakan aksi jemput bola perekaman KTP-el untuk menunjang kegiatan Pemilu 2019," katanya.
     
Salah satu Siswa XII IPA SMAN 1 Wates, Ivana Pavita Rani, 17, mengaku habis melakukan perekam KTP. Ia sendiri mengaku dipermudah dengan adanya aksi jemput bola tersebut.
     
Ia juga mengaku belum pernah mendapatkan sosialisasi terkait pelaksanaan dan tata cara pemilihan pada Pemilu 2018. Hanya saja dirinnya mengaku telah mencari tahu perihal pemilu yang akan berlangsung 19 April 2019 itu.
     
"Saya mencari informasi sendiri soal Pemilu 2019, supaya tidak gagal informasi," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar