Bupati: infak Idul Adha disalurkan ke Lombok

id Bupati sleman

Bupati: infak Idul Adha disalurkan ke Lombok

Bupati Sleman Sri Purnomo menunjukkan brand dan logo Beras Sleman. ( Foto Humas Sleman)


Sleman (Antaranews Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo mengharapkan perolehan hasil infak shalat Idul Adha 1439 H di daerah ini disalurkan untuk korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
     
"Saya mengimbau agar hasil infak shalat Ied di Kabupaten Sleman dikumpulkan menjadi satu," kata Sri Purnomo selepas menjadi khotib Shalat Idul Adha 1439 H di Lapangan SMP Negeri 1 Sleman, Rabu.
     
Ia mengatakan, pengumpulan infak untuk bantuan tersebut dapat diserahkan pada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sleman.
     
"Jangan sampai tiap panitia mengirimkan sendiri-sendiri. Kalau dikumpulkan satu kabupaten dan ada perwakilan yang ke sana tentu nominalnya akan lebih maksimal untuk digunakan pada program yang tepat," katanya.
     
Ia mengatakan, penyaluran bantuan tersebut sebagai rasa solidaritas pada saudara di luar daerah yang saat ini sedang terkena musibah. Terlebih momen berkurban merupakan manifestasi dari mendekatkan diri, saling berbagi dan peduli, serta bersyukur pada Allah SWT.
     
"Semangat bersyukur harus kita dorong. Terlebih Idul Adha ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Mari kita isi dengan kegiatan yang positif membawa kemanfaatan pada masyarakat," katanya.
     
Ketua Panitia Shalat Idul Adha 1439 H di Lapangan SMP N 1 Sleman Edi Nurwiyanto mengatakan bahwa dari perolehan total infak sebesar Rp24.014.800.
   
 "Dari total infak tersebut sebesar 60 persen akan disumbangkan untuk korban bencana gempa bumi Lombok," katanya.
     
Ia mengatakan, hni sudah menjadi kesepakatan panitia untuk meringankan saudara-saurara yang tertimpa bencana di Lombok.
     
"Kami juga akan menjalankan arahan Bapak Bupati Sleman untuk mengumpulkan menjadi satu bantuan dari hasil infak tersebut," katanya.
     
Selain di SMPN 1 Sleman, pengumpulan infak yang akan disalurkan sebagai bantuan untuk Lombok juga dilakukan di sejumlah tempat penyelenggara shalat Idul Adha.
     
Seperti pelaksanaan shalat Idul Adha di Lapangan Denggung Sleman yang di hadiri Wakil Bupati Sleman,Sri Muslimatun beserta keluarga juga dilakukan pengumpulan infak tersebut.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024