Tim dayung China dominasi perolehan medali emas

id dayung,asian games

Tim dayung China dominasi perolehan medali emas

Regu dayung Indonesia (kanan) memacu kecepatan pada babak final pertandingan dayung kelas ringan ganda putra Asian Games 2018 di JSC Lake Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (23/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Rahmad Suryadi)

Palembang (Antaranews Jogja) - Tim dayung China yang turun di delapan kelas final nomor rowing Asian Games XVIII di venue dayung Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, mendominasi perolehan medali emas.

Dalam final tersebut ada delapan medali emas yang diperebutkan, namun dari jumlah itu enam emas di antaranya diraih atlet dayung putra dan putri China.

Enam medali emas yang diraih atlet China yakni kelas ganda putri (Women's Pair/W2-), ganda putra (Men's Pair/M2-), ganda putri (Women's Double Sculls/W2X), tunggal putri (Women's Single Sculls/W1X), tunggal putra (Men's Single Sculls/M1X) dan kelas ringan empat putra (Lightweight Men's Four/LM4).

Atlet China peraih medali emas itu yakni kelas ganda putri (Women's Pair/W2-) Ju Rui dan Lin Xinyu, ganda putra (Men's Pair/M2-) Li Xiaoxiong dan Zhao Jingbin.

Atlet China peraih emas ganda putri (Women's Double Sculls/W2X) yakni Jiang Yan dan Li Jingjing,  tunggal putri (Women's Single Sculls/W1X) Chen Yunxia,  tunggal putra (Men's Single Sculls/M1X) Zhang  Liang.

Kemudian atlet China peraih medali emas di kelas ringan empat putra (Lightweight Men's Four/LM4) yakni Xiong xiong , Lyu Fanpu, Zhao Chao, dan Zhou Xuewu.

Sementara dua medali emas lainnya yakni emas di kelas ganda putra (Men's Double Sculls/M2X) direbut pedayung Uzbekistan, dan emas di kelas ringan empat putri (Lightweight Women's Quadruple Sculls/LW4X) direbut pedayung Vietnam.

Pedayung China Zhang Liang yang turun di final nomor rowing kelas tunggal putra (Men's Single Sculls/M1X) merupakan atlet peraih medali emas pertama nomor rowing cabang olahraga dayung Asian Games XVIII.
 
Dalam jumpa pers keberhasilan tim dayung China mendulang emas final pertama nomor rowing itu, Zhang Liang mengatakan sangat senang berhasil menyumbang medali emas untuk kontingennya.

Kemenangan itu berkat dukungan semua pihak, untuk itu dia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat China yang telah meberikan dukungan hingga bisa turun berlomba di Asian Games 2018 ini.

Kemudian ucapan terima kasih juga disampaikan kepada tuan rumah Indonesia yang telah memberikan pelayanan dengan baik sejak pertama kali datang, melakukan ujicoba venue dan latihan, serta penyediaan petugas pendamping yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan melakukan berbagai aktitivas di negara ini, kata Zhang Liang.