Rumah Kreatif Bapas berkurban bersama anak berhadapan dengan hukum

id Rumah kreatif bapas

Rumah Kreatif Bapas berkurban bersama anak berhadapan dengan hukum

Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan peluncuran Rumah Kreatif Bapas Yogyakarta di Sleman. (Foto Humas Sleman/Antara)


Sleman (Antaranews Jogja) - Rumah Kreatif Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jogja menggelar kegiatan kurban bersama Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) di Kandang Kelompok Ngudi Makmur, Beran Lor, Tridadi, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat.
     
Kepala Bapas Kelas I Yogyakarta Ali Syeh Banna mengatakan kegiatan kurban yang merupakan bantuan dari Bank Mandiri Syariah dan pegawai Bapas tersebut dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha.
     
"Kegiatan ini juga dalam rangka  pembimbingan kepribadian dan kemandirian serta wujud kepedulian bagi klien (ABH) dan warga sekitar Rumah Kreatif Bapas untuk meneladani pengorbanan dan ketaatan Nabi Ibrahim pada Allah SWT," katanya.
   
 Ia mengatakan, Rumah Kreatif Bapas merupakan hasil kerja sama Bapas Kelas I Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas  Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).
     
Kerja sama ini disepakati dalam perjanjian kerjasama nomor : 65/PK.KDH/D/2018 dan nomor w14/PAS.PAS.4.PK.01.04.13-1885 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak yang Berhadapan dengan Hukum melalui Pengembangan Rumah Kreatif Bapas Kelas 1 Yogyakarta di Kabupaten Sleman.
   
 "ABH yang kami bina ada 14 anak, dan yang aktif di Rumah Kreatif saat ini ada empat orang anak. Kami terbuka untuk umum dan mengembangkan 11 program untuk ABH agar bisa mengembangkan diri dan hidup lebih baik lagi menggali potensi yang dimiliki," katanya.
     
Ali mengatakan bahwa ada tiga macam kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Kreatif Bapas ini, yaitu  budi daya lele, tanaman buah dalam pot (tabulampot), dan pembuatan pupuk kompos.
   
 "Selain itu di bidang kerohanian juga dilaksanakan kegiatan terapi spiritual seperti doa di Masjid Agung Wahidin Soedirohoesodo setiap Senin sore," katanya.
     
Ia mengatakan, pihaknya juga melakukan pendampingan mobile dengan datang kerumah ABH untuk memberikan konsultasi, bimbingan rohani, wawasan kebangsaan, keterampilan di bidang usaha maupun pelatihan IT di bidang grafis.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024