Pasar Beringharjo Yogyakarta Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

id Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo Yogyakarta Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Peresmian Pasar Beringharjo sebagai Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Foto Antara/Hery Sidik)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta diresmikan sebagai Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk memperluas jangkauan kepesertaan jaminan di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
    
Peresmian Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan itu diluncurkan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang dilanjutkan penyerahan secara simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada pedagang Pasar Beringharjo Yogyakarta, Jumat.
    
"Ini salah satu upaya kami dalam rangka menjaring peserta dari bukan penerima upah khususnya di Pasar Beringharjo Yogyakarta," kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Ainul Kholid usai peresmian Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
    
"Harapannya adalah 'covered' peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa lebih luas sehingga seluruh pekerja baik penerima upah maupun bukan penerima upah (pedagang pasar) bisa menjadi peserta BPJS Ketanagakerjaan," katanya.
    
Dengan demikian, kata dia, semua pelaku eknomi di pasar tertangani program BPJS Ketanagkerjaan, sehingga kalau terjadi risiko baik itu saat melakukan pekerjaan maupun kematian sudah tidak memberatkan yang bersangkutan maupun keluarganya.
    
"Itu semuanya sudah menjadi tanggung jawab kami, baik dari sisi biaya perawatan, pengobatan maupun santunan apbila nanti terjadi akibat kecelakaan atau kematian, bahkan sampai meninggal dunia ataupun cacat," katanya.
    
Menurut dia, total angka kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Yogyakarta sampai saat ini lebih dari 230 ribu pekerja. Dari angka tersebut peserta yang dari sektor bukan penerima upah seperti pedagang dan pengemudi ojek online sekitar 30 ribu orang.
    
"Peluncuran Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini yang pertama di Yogyakarta, namun kalau di desa sudah ada beberapa desa yang Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, karena kepala desa dan perangkat sudah jadi peserta BPJS Ketanagakerjaan.Di desa potensinya masih banyak," katanya.
    
Pada kesempatan tersebut BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta juga menyerahkan bantuan fasilitas kendaraan roda tiga kepada Wali Kota Yogyakarta yang disaksikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Yogyakarta.