BANTUL SIAPKAN SEJUMLAH ATRAKSI WISATA SELAMA SEPTEMBER

id Parangtritis

BANTUL SIAPKAN SEJUMLAH ATRAKSI WISATA SELAMA SEPTEMBER

Pantai Parangtritis Bantul Yogyakarta (Foto ANTARA)

Bantul, 25/8 (Antara) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan sejumlah atraksi wisata di kawasan objek wisata setempat selama bulan September guna menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Bantul. 
   
Dinas Pariwisata Bantul dalam rangka Hari Jadi dan menyongsong hari pariwisata bekerjasama dengan masyarakat dan pelaku pariwisata akan menyelenggarakan beberapa event atau kegiatan di bulan September 2018," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Sabtu. 
     
Menurut dia, kegiatan atraksi wisata yang juga menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI itu antara lain Festival Dayung yang memperebutkan piala Bupati Bantul pada 2 September di Laguna Pantai Depok, Parangtritis.
   
 "Kegiatan ini dikemas sebagai "Sport Tourism", yaitu kegiatan wisata yang dipadukan dengan kegiatan olahraga atau berolahraga sambil berwisata dan sebaliknya," katanya. 
     
Kemudian, kata dia, kegiatan "Lenterne Festival De Paris" yang bekerja sama dengan Inspiratif Production dalam rangka mendukung promosi dan mengangkat potensi Bantul disamping untuk memberikan hiburan kepada wisatawan yang berkunjung di Pantai Parangtritis.
       
"Event ini akan dilaksanakan pada 15 September 2018 di Pantai Parangtritis, bentuk kegiatan Lenterne Festival De Paris adalah penerbangan lampion yang diselenggarakan di kawasan pesisir Pantai Parangtritis targetnya sebanyak 1.000 lampion," katanya.
   
 Ia mengatakan, selanjutnya adalah Festival Parangtritis di kawasan Pantai Parangkusumo dan Parangtritis pada 27-29 September 2018 dengan mengambil tema "Dimana seni dan budaya sebagai sejarah kemajuan Bangsa".
     
Terkait dengan Festival Dayung, dia mengatakan digelar bekerjasama dengan Pengurus Cabang Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) DIY dengan mempertandingan perorangan dan kelompok atlet dayung se-Bantul, dan masing-masing perwakilan kabupaten dan kota.
   
 "Festival dayung merupakan kegiatan olahraga yang dipadukan dengan wisata dan budaya. Bupati sangat memperhatikan atlet semua cabang olahraga di Bantul. Dengan kegiatan ini diharapkan ada bibit-bibit dayung baru serta memberikan penghargaan kepada atlet dayung Bantul," katanya.
     
Selain itu, kata dia, festival dayung tersebut juga sekaligus mempromosikan Laguna Pantai Depok sebagai destinasi pariwisata di Bantul yang dibuka dan berkembang sejak beberapa tahun terakhir dan menjadi satu kawasan wisata air.
     
"Laguna Depok Parangtritis ini sudah masuk dalam rencana pengembangan wisata air di Bantul yang penataannya sudah mulai dilakukan tahun ini," kata Kwintarto.