Aldila/Christopher sabet emas ganda campuran tenis Asian Games

id tenis

Aldila/Christopher sabet emas ganda campuran tenis Asian Games

ilustrasi (antaranews.com)

Palembang (Antaranews Jogja) - Pasangan ganda campuran Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat mengakhiri puasa medali emas cabang olahraga tenis di ajang Asian Games, setelah menyabet emas bagi Indonesia.

Aldila/Christopher meraih emas setelah memenangkan pertarungan ketat selama 102 menit melawan duet Thailand, Luksika Kumkhum/Sonchat Ratiwatana, dengan skor 6-4, 5-7, (10-7) di lapangan tenis kompleks Jakabaring, Palembang, Sabtu.

"Ini gelar perdana saya di Asian Games pertama saya dan ini saya persembahkan buat orang tua yang sudah banyak berkorban bagi saya dari kecil dan memberi dukungan atas apa yang kupilih yaitu karir tenis saya. Tanpa mereka mungkin karir aku gak lanjut," kata Aldila dalam konferensi pers selepas penyerahan medali.

Terakhir kali tenis bisa menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia pada Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan.

Saat itu, Indonesia meraih medali emas beregu putri, perak ganda putri melalui Wynne Prakusya/Angelique Widjaja, dan perunggu beregu putra.

Medali emas Aldila/Christo merupakan emas kedua yang diraih Indonesia dari nomor ganda campuran di Asian Games, setelah terakhir didapatkan duet Yayuk Basuki/Hary Suharyadi pada Asian Games 1990 di Beijing, China.

Dalam perjalanan menuju juara, Aldila/Christo yang menjadi unggulan ke-11 melalui laga perdananya dengan kemenangan atas Sarah Mahboob Khan/Muzammil Murtaza dari Pakistan dengan dua set langsung 6-3, 6-2 untuk melangkah ke putaran ketiga.

Selanjutnya pada putaran ketiga, pasangan Indonesia ini memastikan langkahnya ke perempat final dengan menumbangkan pasangan Thailand unggulan delapan Nicha Lertpitaksinchai/Sanchai Ratiwatana dalam pertarungan dua set selama 70 menit yang berkesudahan 7-5, 6-1.

Di perempat final, Aldila/Christo menghadapi pasangan India unggulan ke-4 Rohan Bopanna/Ankita Raina lewat pertarungan tiga set yang berkesudahan dengan skor 4-6, 6-3, (10-8).

Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) yang sebelumnya pada Asian Games 2018 ini menargetkan satu perunggu, sudah direalisasikan saat Aldila/Christo menembus semifinal.

Namun, mereka ternyata berhasil melanjutkan perjalanan dan menembus final usai menundukkan pasangan Jepang Erina Hayashi/Kaito Uesugi 7-6 (3), 6-4. 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024