Medali perunggu basket putra direbut Tim Korsel

id Basket

Medali perunggu basket putra direbut Tim Korsel

Ilustrasi- basket (FOTO ANTARA)

Jakarta (Antaranews Jogja) - Korea Selatan merebut medali perunggu bola basket putra Asian Games 2018 seusai mengalahkan Chinese Taipei 89-81 di partai penentuan tempat ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu.

Pemain naturalisasi asal Amerika Serikat, Ricardo Ratliffe, kembali membukukan penampilan dominan di pertandingan tersebut lewat double-double 37 poin dan 17 rebound.

Penembak jitu tripoin Jeon Jun-beom mengemas 18 poin yang seluruhnya ia raih dari tembakan tripoin, diikuti Heo Ung 12 poin serta Kim Sun-hyung 10 poin dan 6 assist.

Sementara di kubu Taipei, Liu Cheng tampil paling cemerlang dengan mencatatkan 25 poin dan 7 rebound.

Kendati mendapat bantuan 17 poin dan 7 assist dari Chen Yingchun serta 13 poin dan 6 rebound milik Chen Kuanchuan, Taipei tak terhindar dari kekalahan.

Taipei sempat memimpin di pembukaan laga, namun Korsel menyusul dan berbalik unggul 10-9 lewat lemparan bebas Ratliffe di sisa waktu 5 menit 45 detik kuarter pertama.

Korsel berhasil memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk meraup rentetan poin 11-2 dan menutup kuarter pertama dalam keunggilan 21-11 atas Taipei.

Jarak keunggulan 10 poin berhasil diamankan Korsel di separuh awal kuarter kedua, ketika tembakan tripoin Sun-hyung menemui sasaran membuat kedudukan menjadi 31-21 di sisa waktu 5 menit.

Korsel bahkan bisa menambah jarak keunggulan menjadi 12 poin saat menutup paruh pertama pertandingan lewat dunk buzzer beater Ratliffe yang mengubah skor menjadi 45-33.

Tembakan tripoin Jun-beom yang segera disusul lay up Sun-hyung membuat Korsel menambah keunggulan mereka atas Taipei menjadi 59-44 di sisa waktu 3 menit 55 detik kuarter ketiga. Periode 10 menit ketiga itu berakhir dengan Korsel kian nyaman dalam keunggulan 72-53.

Kendati Taipei memborong 28 poin di kuarter pamungkas, 17 poin yang diperoleh Korsel memastikan kemenangan mereka 89-81 saat pertandingan rampung.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024