Roger Federer tersingkir dari AS Terbuka

id roger federer

Roger Federer tersingkir dari AS Terbuka

Petenis Swiss Roger Federer. (antaranews.com)

New York (Antaranews Jogja) - Roger Federer secara mengejutkan tersingkir dari AS Terbuka pada Senin setelah juara lima kali itu takluk 6-3, 5-7, (7)6-7, (3)6-7, dari petenis nonunggulan asal Australia John Millman di putaran 16 besar.

Millman, yang menghuni peringkat 55 dunia, tidak mampu berbuat banyak saat dikalahkan Federer di set pertama namun mampu membalikkan situasi untuk memenangi set kedua, kemudian menahan rasa tegangnya melalui dua tiebreak untuk mengamankan kemenangan dalam waktu tiga jam 34 menit.

Petenis Australia itu mengatakan dirinya "membeku" pada set pertama namun mampu mengendalikan situasi dengan mengandalkan kualitas pertarungannya.

"Sejujurnya, awalnya terasa seperti rusa yang sedang dibidik," ucapnya di tepi lapangan, seperti yang dikutip Reuters.

"Saya harus mengendalikan hal yang dapat dikendalikan dan satu hal yang dapat saya kendalikan adalah perjuangan dalam diri saya. Saya selalu membawa semangat bertarung."

Unggulan kedua Federer, yang tidak kehilangan set sama sekali pada tiga pertandingan pertamanya di New York, melakukan 77 unforced error dan sepuluh double fault serta hanya mendaratkan 49 persen serve-serve pertamanya.

Millman mengatakan ia masih belum mempercayai hal ini.

"Saya mungkin masih sedikit tidak percaya. Saya sangat menghormati Roger dan semua yang ia lakukan untuk olahraga ini," tambahnya. "Bagi saya ia merupakan pahlawan."

Lawan selanjutnya bagi petenis Australia itu di perempat final adalah unggulan keenam Novak Djokovic.