ASN Gunung Kidul difasilitasi kredit rumah murah

id Rumah murah

ASN Gunung Kidul difasilitasi kredit rumah murah

Ilustrasi. Salah satu pengembangan perumahan di DIY (Foto ANTARA/Sidik)

Gunung Kidul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membantu Aparatur Sipil Negara di wilayah ini yang belum memiliki rumah untuk mengakses kredit murah.
     
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunung Kidul Sri Suhartanta di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan saat ini, pemkab sedang melakukan pendataan terhadap  Aparatur Sipil Negara (ASN) belum memiliki rumah,
     
"Kalau yang dianggarkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) demikain. Kemungkinan skemanya langsung dipegang dari pusat," katanya.
     
Dia mengatakan nantinya program tersebut dilaksanakan masing-masing OPD. "Untuk lebih pastinya di Dinas  Pekerjaan Umum Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Gunung Kidul," katanya.
     
Kepala DPUPKP Gunung Kidul Eddy Praptono membenarkan prihal program subsidi rumah bagi ASN. Nantinya yang disasar adalah ASN yang belum memiliki rumah.
     
"Sasarannya adalah ASN yang belum memiliki rumah, atau masih numpang di rumah mertua," katanya.
 I
Ia mengatakan program tersebut, nanti ASN difasilitasi untuk bisa mendapatkan rumah dengan bunga super ringan dari pemerintah dan jangka waktu angsuran yang panjang hingga 20 tahun.
     
"Rumah tersebut harus beli di perumahan yang dibuat oleh pengembang dengan fasilitas kredit dari bank milik pemerintah. Rumah yang ditawarkan merupakan tipe 36 dengan luas tanah 60 meter persegi," katanya.
     
Eddy menjelaskan sebenarnya hal itu merupakan program lama dari pemerintah. 
     
"Jadi, realisasinya sekarang pun sudah bisa mulai pesan rumah yang difasilitasi oleh BPD DIY," katanya.