Perangkat daerah Sleman tandatangani kesepakatan penanggulangan kemiskinan

id Sleman

Perangkat daerah Sleman tandatangani kesepakatan penanggulangan kemiskinan

Kabupaten Sleman D.I.Yogyakarta (Foto Antara)


     Sleman (Antaranews Jogja) - Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menandatangani Berita Acara kesepakatan Rencana Aksi Daerah (RAD) penanggulangan kemiskinan dan pemanfaatan Sistem Data Kemiskinan di Aula Bappeda Sleman," Kamis.
     "Ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sleman dalam menekan angka kemiskinan di Kabupaten Sleman. Dengan adanya kerja sama dari semua pihak, angka kemiskinan di Kabupaten Sleman dapat diturunkan," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun saat menghadiri penandatangan tersebut.
     Sri Muslimatun juga mengaku siap terjun langsung dalam upaya menekan angka kemiskinan di Kabupaten Sleman ini.
     "Saya merinding, membayangkan kalau ini bisa tercapai. Artinya ada sesuatu yang dapat kita perbuat untuk Kabupaten Sleman. Saya siap terjun langsung bersama-sama untuk menurunkan angka kemiskinan," katanya.
     Ia mengatakan, upaya ini tidaklah mudah, harus ada sinergi antarstakeholder yang mempunyai cita-cita yang sama dalam memberantas kemiskinan di Kabupaten Sleman.
     "Maka kami berharap kepala perangkat daerah dan camat yang hadir dapat mendukung program ini dengan komitmen tinggi. Masalah kemiskinan ini kita keroyok bareng-bareng. Saya yakin kita bisa," katanya.
     Kepala Bappeda Kabupaten Sleman Kunto Riyadi mengatakan bahwa jumlah KK miskin di Kabupaten Sleman menunjukkan penurunan sejak lima tahun terakhir, yaitu dari 2013 sampai 2017.
     "Pada 2017 lalu ada 9,84 persen. Sedangkan pada 2018 ditargetkan turun menjadi 9,35 persen. Kami menargetkan prosentase Kepala Keluarga (KK) miskin pada 2021 sebesar delapan saja. Karena itu diperlukan upaya-upaya agar target tersebut bisa tercapai sebelum periode berakhir," katanya.
     Berita Acara kesepakatan pelaksanaan RAD penanggulangan kemiskinan tersebut ditandatangani oleh 12 kepala perangkat daerah kunci, diantaranya Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindag, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas P3AP2KB, Dinas PUKP, Dinas Kominfo, Dinas Dukcapil, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Dinas PMD dan Camat dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Sleman.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024