BUMN Hadir - SMN Kepri akan mengeksplorasi budaya Yogyakarta-Semarang

id Smn kepri

BUMN Hadir - SMN Kepri akan mengeksplorasi budaya Yogyakarta-Semarang

Sebanyak 24 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) program BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kepulauan Riau berfoto bersama saat tiba di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Kamis malam (6/9). (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 24 peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 program BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kepulauan Riau akan mengeksplorasi budaya dan adat istiadat di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Semarang, Jawa Tengah, 6-16 September 2018.
         
"Kami berharap para siswa bisa mengenal budaya dan adat istiadat sekaligus kuliner yang ada di sini," kata Pendamping Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Kepulauan Riau dari PT Pelindo 1, Jonaz Saor Harianja saat tiba di Yogyakarta, Kamis malam.
         
Menurut Jonaz, para peserta SMN Kepulauan Riau (Kepri) sedianya akan diberangkatkan ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mempelajari potensi budaya setempat. Namun rencana itu terpaksa dibatalkan setelah adanya bencana gempa bumi di provinsi itu.
         
"Setelah lama tertunda akhirnya program ini kami alihkan ke Yogyakarta dan Semarang," kata dia.
           
Jonaz meyakini kekayaan budaya dan pariwisata yang dimiliki Yogyakarta dan Semarang tidak kalah efektif untuk menambah wawasan para siswa Kepri serta menambah rasa cinta mereka terhadap Nusantara.
           
Sementara itu, Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Adimaja mengatakan selain mempelajari potensi budaya, serta adat istiadat di Yogyakarta dan Semarang, para siswa berprestasi itu juga dituntut mempromosikan kebudayaan dan keindahan alam Kepri.
             
"Kepri sebagai wilayah dengan 96 persen lautan mamiliki potensi wisata bahari yang indah, kami berharap para siswa bisa mengenalkan itu dengan baik di Yogyakarta dan Semarang," kata Adimaja.
         
Di Yogyakarta, berbagai kegiatan yang bakal diikuti para siswa mulai dari kunjungan ke Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, hingga Hutan Pinus Mangunan, Bantul.
       
Selanjutnya mengikuti materi pelatihan tari tradisional Yogyakarta, serta bertukar pengalaman dengan siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta.
       
Mereka juga akan mempelajari teknik pembuatan batik di sentra pengrajin batik di Wukirsari, Kabupaten Bantul, pembuatan penganan khas Yogyakarta bakpia di Bakpia Soemadigdo, Gondomanan, Kota Yogyakarta, serta belajar seni tari di Sanggar Didik Nini Towok.
     
Adapun di Semarang, Jawa Tengah, para siswa akan diajak mengunjungi destinasi wisata Lawang Sewu, Kota Lama, Candi Borobudur, serta Vihara Sam Po Kong. Dilanjutkan kunjungan ke SMA Taruna Nusantara, Kampus Universitas Diponegoro (Undip), serta Kantor PT Pelindo 3 Semarang.
             
Sebanyak 21 orang siswa SMA/SMK dan 3 orang siswa SLB peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018 asal Kepulauan Riau diberangkatkan ke Yogyakarta dan Semarang oleh PT Pelindo 1 sebagai penanggung jawab (PIC), bersama Perum LKBN Antara, dan Persero Batam.
         
Kegiatan SMN sebagai bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri bertujuan mengajak para siswa berprestasi mempelajari potensi budaya Nusantara serta menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini.






































 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024