UIN Sunan Kalijaga terus memperbaiki kualitas akademik

id uin sunan kalijaga

Ilustrasi wisuda lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. ( (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta terus memperbaiki kualitas akademiknya dalam rangka meningkatkan mutu alumni di era globalisasi.

"Tolok ukurnya adalah semua alumni bisa berkarya di masyarakat global, mengaplikasikan keilmuannya dengan baik, berakhlak kharimah, dan bisa mewarnai semakin baiknya peradaban modern saat ini," kata Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof Yudian Wahyudi usai mewisuda 1.043 lulusan.

Pada wisuda periode IV tahun akademik 2017/2018 yang dilaksanakan dua hari, Rabu-Kamis (5-6 September 2018), Yudian mengatakan para alumni diharapkan selalu membawa nama baik almamater di mana pun berkarya.

Selain itu selalu mengemban kaidah-kaidah kebaikan yang bersifat universal,  menjadi sarjana yang berakhlak kharimah, dan tetap menjalin silaturahmi dengan almamater melalui Ikatan Alumni UIN Sunan Kalijaga.

"Kiprah kalian selanjutnya di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan masyarakat global turut menentukan tercapainya UIN Sunan Kalijaga menjadi kampus berkelas dunia," kata Yudian.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kerjasama, dan Kelembagaan (AAKK) UIN Sunan Kalijaga Maskul Haji mengatakan sebanyak 1.043 wisudawan/wisudawati itu terdiri atas 27 orang D-3, 777 orang lulus S-1, 230 orang lulus S-2, dan 9 orang lulus S-3.

Sebanyak 512 orang diwisuda Rabu (5/9) dan 531 orang diwisuda Kamis (6/9). Sampai dengan wisuda kali ini, jumlah lulusan atau alumni UIN Sunan Kalijaga sebanyak 58.717 orang, 592 orang di antaranya bergelar Doktor dan 5.241 bergelar Magister.

Menurut dia, dari jumlah wisudawan dan wisudawati itu sebanyak 13 orang di antaranya berhasil mendapatkan predikat sebagai lulusan terbaik-tercepat dari berbagai fakultas dan Program Magister.

"Pada wisuda kali ini, 59 persen lulus dengan predikat cumlaude, 39 persen lulus dengan predikat sangat memuaskan, dan 2 persen lulus dengan predikat memuaskan," kata Maskul.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar