BUMN HADIR - SMN Kepulauan Riau kunjungi Keraton Yogyakarta

id SMN Kepri,SMN Kunjungi Keratorn

BUMN HADIR - SMN Kepulauan Riau kunjungi Keraton Yogyakarta

Rombongan Sekolah Mengenal Nusantara (SMN) asal Kepulauan Riau saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Jumat. (Foto Antara/Hery Sidik)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 24 peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 Program BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kepulauan Riau mengunjungi Keraton Yogyakarta guna mengenal kawasan bersejarah komplek istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat itu.

"Tadi sudah berkunjung ke Masjid Gede Kauman, sekarang Keraton Yogyakarta, habis ini kita ke Taman Sari," kata pendamping Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Kepulauan Riau dari PT Pelindo 1, Jonaz Saor Harianja di Keraton Yogyakarta, Jumat.

Tiga tempat yang dikunjungi rombongan SMN asal Kepulauan Riau itu merupakan tempat wisata bersejarah di Yogyakarta, terutama Keraton dengan bangunan arsitektur Jawa yang agung dan elegan yang mengandung arti keagamaan filsafat dan kebudayaan.

"Tempat ini dipilih (untuk dikunjungi) karena memang kental dengan budaya yang ada di Yogyakarta. Mudah-mudahan bisa menambah wawasan teman-teman SMN dari dulunya yang belum kenal dan tahu budaya Yogyakarta," katanya. 

Rombongan SMN asal Kepulauan Riau tersebut selama di dalam komplek Keraton Ngayogyakarto melihat-lihat dan mempelajari koleksi dan benda-benda bersejarah yang tersimpan di beberapa  museum Keraton, di antaranya Museum Kristal Yogyakarta.

Terlihat beberapa pemandu dari Keraton yang mendampingi dan menjelaskan kepada para siswa saat melihat-lihat koleksi di museum, sebagian dari siswa antusias mengikuti kegiatan dan mengabadikan gambar dengan kamera ponsel.

Sementara itu, Ketua Kelas SMN asal Kepulauan Riau, Said Regi Pratama mengatakan, sebuah pengalaman yang berharga karena bisa mempelajari sejarah tentang Keraton dan budaya Yogyakarta. Dan menurutnya budaya di setiap daerah Berbeda-beda. 

"Cukup bagus, kami bisa mengetahui sejarah tentang Keraton, dari Sultan ke Sultan hingga prajurit, juga budayanya termasuk adat istiadat. Dulunya saya belum tahu, tapi sekarang menjad tahu," katanya. 

Sebanyak 21 siswa SMA/SMK dan tiga siswa SLB peserta SMN 2018 asal Kepulauan Riau diberangkatkan ke Yogyakarta dan Semarang oleh PT Pelindo 1 sebagai penanggung jawab (PIC), bersama Perum LKBN Antara, dan Persero Batam.

Kegiatan SMN sebagai bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri bertujuan mengajak para siswa berprestasi mempelajari potensi budaya Nusantara serta menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini. (T.KR-HRI/B/Z. Meirina)