BUMN HADIR - SMN Kepulauan Riau dikenalkan Budaya Kerajaan Yogyakarta

id SMN Kepulauan Riau

BUMN HADIR - SMN Kepulauan Riau dikenalkan Budaya Kerajaan Yogyakarta

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kepulauan Riau melihat lihat koleksi benda bersejarah di komplek Keraton Yogyakarta (Foto Antara/Hery Sidik)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Sebanyak 24 peserta Siswa Mengenal Nusantara tahun 2018 Program BUMN Hadir Untuk Negeri asal Kepulauan Riau diajak berkeliling ke Kota Yogyakarta untuk dikenalkan budaya dan sejarah kerajaan dan kesultanan Yogyakarta. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pelindo yang telah membawa anak Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Kepulauan Riau untuk mengenalkan budaya kerajaan Yogyakarta," kata Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pendidikan SMA, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Adimaja di Yogyakarta, Jumat.

Peserta SMN asal Kepri melakukan kunjungan ke beberapa tempat wisata bersejarah dan mempunyai cerita budaya di wilayah Kota Yogyakarta seperti Masjid Gedhe Kauman, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Taman Sari Ngasem.

Menurut dia, dengan dikenalkan budaya dan sejarah kerajaan dan kesultanan dengan melihat langsung ke Yogyakarta tentunya bisa menambah wawasan peserta SMN, bahkan menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan kerajaan dan kesultanan.

"Wawasan mereka tentang sejarah terutama berkaitan dengan kesultanan Yogyakarta akan lebih menguasai dan saya kira dengan melihat langsung ini mereka lebih banyak memahami dan akan muncul pengalaman dan pengalaman itulah guru yang terbaik," katanya. 

"Dan adalah wisata budaya dan sejarah dan Yogyakarta yang merupakan salah satu wilayah di DIY memang punya latar belakang sejarah dan budaya. Ini patut dicontoh oleh wilayah yang lain," katanya.

Sementara itu, Ketua rombongan SMN asal Kepulauan Riau, Said Regi Pratama mengatakan, sebuah pengalaman yang berharga karena bisa mempelajari sejarah tentang Keraton dan budaya Yogyakarta. Dan menurutnya budaya di setiap daerah Berbeda-beda. 

"Cukup bagus, kami bisa mengetahui sejarah tentang Keraton, dari Sultan ke Sultan hingga prajurit, juga budayanya termasuk adat istiadat. Dulunya saya belum tahu, tapi sekarang menjad tahu," katanya. 

Sebanyak 21 siswa SMA/SMK dan tiga siswa SLB peserta SMN 2018 asal Kepulauan Riau diberangkatkan ke Yogyakarta dan Semarang oleh PT Pelindo 1 sebagai penanggung jawab (PIC), bersama Perum LKBN Antara, dan Persero Batam.

Kegiatan SMN sebagai bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri bertujuan mengajak para siswa berprestasi mempelajari potensi budaya Nusantara serta menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini. (T.KR-HRI/B/M. Yusuf).