Amerika Serikat akan menjadi tempat pertandingan Spanyol vs Girona

id liga spanyol

Amerika Serikat akan menjadi tempat pertandingan Spanyol vs Girona

Liga Utama Spanyol (istimewa)

Barcelona (ANTARA News) - Ketua Liga Spanyol, Javier Tebas, mengatakan bahwa terdapat peluang sebesar 90 persen untuk memainkan pertandingan strata tertinggi Liga Sepak bola Spanyol di Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya.

Pertandingan tersebut adalah laga "kandang" Girona menjamu Barcelona pada Januari dan mengungkapkan bahwa liga akan menerima 200 juta euro untuk memainkan pertandingan-pertandingan di Amerika Utara.

Tebas menambahkan bahwa  pihak Manchester City  sebagai pemegang mayoritas saham Girona, mendorong klub Katalan tersebut untuk terlibat dalam inisiatif itu.

Laga La Liga di AS adalah bagian dari kesepakatan 15 tahun liga dengan perusahaan hiburan AS Relevent bulan lalu, meski menyatakan bahwa tidak ada klub yang diwajibkan untuk memainkan pertandingan di AS.

"Girona-Barcelona 90 persen akan dimainkan di AS, namun kesepakatan itu bukan hanya mengenai satu pertandingan, itu mengenai proses yang lebih besar lagi," kata Tebas dalam wawancara dengan stasiun radio Spanyol Onda Cero pada Jumat.

"Kami melakukan proses penawaran (bidding) dan beberapa perusahaan terlibat. Tidak ada kewajiban untuk tim-tim untuk memainkan satu pertandingan dalam setahun di AS, hanya klub-klub yang sukarela yang akan pergi."

"Namun ini lebih dari satu pertandingan, ini mengenai strategi dan sponsor."

Pertandingan itu menghilangkan pertandingan kandang Girona di mana Tebas mengonfirmasi laporan-laporan bahwa para penggemar akan ditawari penerbangan gratis untuk menyaksikan pertandingan itu, yang akan dimainkan di markas Miami Dolphins, Stadion Hard Rock di Florida, yang berkapasitas 65.000 penonton.

Reuters masih menunggu respon dari Manchester City dan Girona setelah Tebas mengonfirmasi bahwa sang juara bertahan Liga Inggris mendorong klub Spanyol untuk terlibat pada pertandingan pertama di AS.

"Pertandingan itu dirancang untuk membantu tim-tim yang tidak memiliki basis penggemar yang sangat besar," tambah Tebas.

"Girona dimiliki sebagian City dan bersama-sama dengan (pemilik Miami Dolphins) Stephen Ross, mereka berkata kepada kami bahwa Girona tertarik memainkan pertandingan ini."

"Sekarang beberapa tim dengan profil serupa dengan Girona telah memperlihatkan ketertarikan karena mereka melihat terdapat peluang. Para pemegang tiket musiman akan mendapat kompensasi dan terdapat peluang untuk bepergian ke Miami. Relevent akan membayar biaya-biayanya."

Girona, yang promosi ke strata tertinggi untuk pertama kalinya pada 2017, mengatakan mereka telah menerima penawaran untuk memainkan pertandingan melawan Barcelona namun belum mengonfirmasi secara resmi.

"Klub itu telah menerima tawaran ini, memahami bahwa terdapat peluang besar untuk berkembang dan bertumbuh, bukan hanya untuk klub namun juga untuk kota dan teritori kami," kata pernyataan di laman resmi Girona.

"Tiga tahun silam, klub berjuang untuk tidak terdepak dari persaingan dan sekarang tujuan kami adalah mengonsolidasikan diri kami di Liga Spanyol."

"Tindakan ini akan menjadi langkah lain dalam bersaing di sepak bola elit setelah semua upaya yang kami lakukan dan yang membawa kami untuk promosi ke strata atas."