Presiden ICW Jung Sook Kim tiba di Yogyakarta

id Presiden ICW

Presiden  ICW Jung Sook Kim tiba di Yogyakarta

Presiden International Council of Women (ICW) Jung Sook Kim (tengah) didampingi Ketua Hubungan Luar Negeri Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Hadriani Uli Silalahi (kiri) saat kedatangannya di Bandara Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Senin malam (10/9). (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Predisen International Council of Women (ICW) Jung Sook Kim dari Korea Selatan tiba di Yogyakarta melalui Bandara Internasional Adisutjipto, Senin malam.
     
Saat tiba di bandara pukul 19.50 WIB, Kim yang dijadwalkan membuka Sidang Umum ke-35 ICW di Yogyakarta disambut oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Hadriani Uli Silalahi bersama General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama.
     
"Saya senang sekali. Saya merasakan sauasana yang akrab dan hangat di Yogyakarta," kata Kim setelah menerima selendang batik dari Agus Pandu Purnama.
       
Menurut Kim, saat ini merupakan kunjungan keduanya di Kota Gudeg setelah akhir Mei lalu melakukan pengecekan kesiapan penyelenggaraan Sidang Umum ke-35 ICW. "Menurut saya Yogyakarta sangat tepat untuk penyelenggaraan acara ini," kata Kim.
     
Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Kowani Hadriani Uli Silalahi mengatakan dengan kedatangan Kim di Yogyakarta, menunjukkan bahwa wanita Indonesia dianggap mampu menyelenggarakan acara bertaraf internasional.
     
"Dengan kedatangan Madam Kim (Jung Sook Kim), menunjukkan bahwa eksistensi wanita Indonesia diakui," kata Uli yang sekaligus Ketua Peleksana Sidang Umum ke-35 ICW.
     
Uli mengatakan di mata dunia selama ini  perempuan Indonesia kerap dianggap lemah, menjadi korban pelecehan, hingga kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Akan tetapi melalui kegiatan ini akan menunjukkan bahwa perempuan Indonesia adalah perempuan yang selalu bisa diandalkan.
         
Menurut dia, akan ada sekitar 40 delegasi perwakilan negara dengan 169 peserta ditambah beberapa perwakilan dari kedutaan yang akan menghadiri pertemuan tersebut.
      
Saat ini, lanjut dia, delegasi yang sudah tiba di Yogyakarta di antaranya berasal dari Prancis, Selandia Baru, Turki dan akan disusul oleh delegasi dari berbagai negara lain termasuk keduataan seperti dari Rusia.
       
Tahun ini Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan "The 35th General Assembly of International Council of Women" atau Sidang Umum ke-35 Dewan Perempuan Dunia 12-20 September 2018. Dalam acara yang akan dibuka Presiden Joko Widodo itu juga akan berlangsung Pertemuan Nasional 1.000 Organisasi Perempuan Indonesia.
     
Selain ICW selaku penyelenggara, menurut dia, acara itu juga digelar bersama dengan Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Kementerian BUMN, dan didukung penuh oleh 35 BUMN yang terlibat secara langsung menyukseskan acara, termasuk Perum LKBN Antara.