Polres Gunung Kidul razia tutup tangki kendaraan

id Solar tumpah,gunung kidul

Ilustrasi (Foto ANTARA/Mamiek)

     Gunung Kidul, (Antaranews Jogja) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar razia tutup tangki kendaraan untuk mengantisipasi terulangnya kejadian solar tumpah yang berpotensi memicu kecelakaan lalu lintas.
     Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Mega Tetuko di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan di ruas Jalan Yogyakarta-Wonosari sering terjadi tumpahan solar sehingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas.
     "Kejadian solar tumpah sering terjadi di Jalan Yogyakarta-Wonosari dan menyebabkan kecelakaan. Kami akan menggelar razia tutup tangki dengan menyasar kendaraan besar, seperti bus dan truk yang menggunakan bahan bakar solar," kata Mega.
    Ia mengatakan, ceceran solar tersebut dapat terjadi karena bus atau truk mengisi penuh tangki bahan bakar dan kemudian melewati medan jalan yang berbelok cukup tajam. Polisi, lanjut dia, sudah melakukan koordinasi dengan pemilik kendaraan atau PO mengenai kejadian solar tumpah.
    Mega mengatakan, menerima informasi kecelakaan lalu lintas akibat tumpahan solar. Petugas sudah diterjunkan menuju lokasi dan menaburkan serbuk gergaji ke tumpahan solar yang berada di dua titik yakni, Beji dan Pedotan Wetan, Kecamatan Patuk. 
     "Titik rawan di antaranya Slumprit, Kalipentung, Ngembes, tikungan Putat, Beji, Watuondo dan kawasan hutan Tleseh,” katanya.
     Dia mengimbau agar masyarakat segera menghubungi pos polisi terdekat jika menemukan ceceran solar dan pengendara roda dua diminta mengurangi kecepatan jika melintasi tikungan tajam terutama pada pagi dan sore hari.
    Salah seorang warga, Wahyu mengatakan, pada hari ini beberapa pengguna kendaraan roda dua mengalami kecelakaan karena ceceran solar. "Tadi sudah ada petugas yang menolong dan menutup ceceran solar," katanya. ***2***
 
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar