Wakaf sumur bor ACT DIY urai kekeringan Dusun Karangmojo Gunung Kidul

id gunung kidul

Wakaf sumur bor ACT DIY urai kekeringan Dusun Karangmojo Gunung Kidul

Gunung Kidul D.I.Yogyakarta (Foto Antara)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Saat ini warga Dusun Karangmojo, Paliyan, Gunungkidul tampak bernapas lega. Pasalnya kebutuhan dasar berupa air bersih segera terpenuhi, sudah beberapa bulan terakhir musim kemarau yang menerpa wilayah Gunung Kidul mengakibatkan sumur galian warga serta lahan pertanian mengering. 

Kecamatan Paliyan merupakan salah satu dari 13 kecamatan di Gunung Kidul yang tengah mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. 

Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY bersama mitra donatur Karuma Swalayan berhasil menggalakkan pembangunan Wakaf Sumur produktif untuk mengurai krisis kekeringan dan darurat air bersih yang melanda Kabupaten Gunungkidul.  

Sampai dengan saat ini program wakaf sumur di DIY telah berjalan di 12 titik, Dusun Karangmojo A menjadi lokasi ke-12. Di Dusun Karangmojo kondisi airnya cukup menghawatirkan, pasalnya sumur galian warga kondisinya sudah mengering, untuk keperluan mencuci dan mandi warga memanfaatkan air sungai, sedang untuk keperluan minum dan memasak warga harus rela iuran untuk membeli air dari truk tangki.  

Pada senin (10/9) tim ACT beserta relawan bergerak ke lokasi pengeboran di Dusun Karangmojo. Pengeboran Wakaf Sumur yang dimulai sejak sepekan kemarin, telah dinyatakan selesai pada hari senin (10/9) dengan kedalaman 62 meter. Widi selaku koordinator pengebor mengaku bersyukur, “biasanya sumur bor di Gunungkidul rata-rata kedalamannya antara 80 meter hingga 120 meter, syukur di Dusun Karangmojo ini di kedalaman 62 meter sudah dapat sumber air” ujarnya. 

Di saat yang sama, Taryono selaku ketua RT setempat menyampaikan keluhan warganya yang selama ini untuk kebutuhan air sehari-hari diperoleh dari membeli.

"Ya itu mas, kita beli, harganya lumayan bahkan lebih tinggi dari pengeluaran listrik bulanan, itupun kadang datangnya terlambat, belinya hari rabu, jum’at baru datang" ungkap Taryono.

Ia juga menyampaikan terima kasih dan berharap adanya Wakaf Sumur ini kebermanfaatannya dapat dirasakan seluas-luasnya oleh masyarakat Dusun Karangmojo.

"Terimakasih kepada pihak ACT dan donatur karena telah membantu kami, semoga keberadaan sumur ini dapat bermanfaat dan berguna sepanjang masa" pungkasnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Winarto selaku sekretaris Takmir Masjid Al-Amin. Yang mana pembangunan Wakaf Sumur ini kebetulan berada di tanah wakaf masjid Al-Amin, Ia mengucapkan terimakasih, seraya mendoakan agar program tersebut bermanfaat bagi jamaah.

"Saya mewakili Takmir masjid, berharap keberadaan Wakaf Sumur ini menjadi jalan keluar bagi jamaah, agar lebih nyaman dalam beribadah" ucapnya.