Revitalisasi kawasan Kotabaru Yogyakarta dipastikan tuntas 2018

id revitalisasi kotabaru,trotoar, taman

Ilustrasi revitalisasi pedestrian di Jalan Suroto Kotabaru untuk mendukung penguatan citra kawasan cagar budaya. (Foto Antara) (Foto Antara/)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kota Yogyakarta memastikan revitalisasi Kawasan Kotabaru akan tuntas tahun ini setelah memperoleh tambahan anggaran dari dana keistimewaan.
   
“Tambahan dari anggaran perubahan dana keistimewaan tersebut akan digunakan untuk merevitalisasi taman yang berada di bagian tengah Jalan Suroto. Revitalisasi taman tersebut akan melengkapi pekerjaan revitalisasi trotoar di Kotabaru yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan,” kata Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Umi Akhsanti di Yogyakarta, Jumat.
   
Tambahan dana yang diperoleh Pemerintah Kota Yogyakarta dari anggaran perubahan dana keistimewaan tersebut mencapai sekitar Rp2 miliar.
   
Umi menyebut, sudah melelangkan pekerjaan revitalisasi taman di Jalan Suroto dan diharapkan proses lelang berjalan lancar sehingga pekerjaan fisik sudah bisa dimulai pada Oktober.
   
“Taman yang lama akan dibongkar untuk kemudian dibangun taman baru dengan desain yang lebih modern. Salah satunya adalah pot tanaman dibuat dengan ukuran lebih pendek dibanding ketinggian pot tanaman yang ada saat ini,” katanya.
   
Ia pun memastikan tidak akan memangkas puluhan pohon perindang yang saat ini menjadi bagian dari taman, tetapi hanya melakukan penataan agar lebih rapi seperti memotong bagian akar pohon yang membuat jalan bergelombang.
   
“Nantinya, boulevard tersebut tetap akan bisa dimanfaatkan untuk pejalan kaki karena ukurannya cukup lebar. Beda dengan kondisi sekarang yang sempit,” katanya.
   
Lantai taman yang saat ini berupa konblok akan diganti menggunakan lantai teraso seperti yang digunakan untuk lantai trotoar di sepanjang kanan dan kiri Jalan Suroto Kotabaru.
   
“Tidak akan ada penutupan jalan selama pekerjaan revitalisasi taman karena kami tidak menggunakan alat berat,” katanya.
   
Sementara itu, untuk pekerjaan revitalisasi trotoar di Jalan Suroto sudah mencapai sekitar 50 persen dari total pekerjaan. “Dalam revitalisasi trotoar ini, kami harus melakukan penggalian drainase untuk pelebaran saluran,” katanya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar