Satpol PP Sleman gelar lomba poskamling untuk ciptakan rasa aman

id satpol pp

Satpol PP Sleman gelar lomba poskamling untuk ciptakan rasa aman

Ilustrasi. Petugas Satpol PP membersihkan sisa cat yang ditumpahkan seorang WNA asal Ceko Yit. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)


Sleman (Antaranews Jogja) -  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan Lomba Pos Keamanan Keliling (Poskamling) Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Sleman untuk menciptaka rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di wilayah setempat.
   
 "Lomba berlangsung mulai 3 hingga 28 September  tersebut diikuti 17 padukuhan yang mewakili tiap kecamatan di Kabupaten Sleman," kata Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Kabupaten Sleman Akhmad Edi Santoso di Sleman, Jumat.
     
Menurut dia, tujuan diselenggarakannya lomba tersebut adalah untuk mengikutsertakan peran masyarakat dalam menjaga kemanan wilayah masing-masing. Menurutnya berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 bahwa setiap warga Negara Republik Indonesia berhak ikut serta dalam usaha pertahanan dan kemanan negara.
     
"Diharapkan melalui lomba tersebut seluruh masyarakat sadar akan tugasnya bahwa rasa aman adalah keinginan bersama dan harus diciptakan bersama dengan kekompakan warga masyarakat. Sehingga dengan terciptanya keamanan masyarakat tentu akan mampu meningkatkan kesejahteraan. Dengan terciptanya rasa aman dan nyaman, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.
     
Ia mengatakan, kriteria penilaian lomba Poskamling tersebut secara umum diantaranya kelengkapan pos ronda, keaktifan masyarakat dalam pelaksanaan pos ronda, peran serta masyarakat dalam pelaksanaan Poskamling, dan Keterampilan awak kamling yang dinilai sewaktu simulasi yang diadakan.
     
"Dalam pelaksanaan penjurian petugas poskamling diminta tim juri untuk mempraktikan simulasi penanganan penyakit masyarakat, seperti penangkapan begal, kebakaran, dan maling. Selain itu tim juri juga menilai langsung perlengkapan perlengkapan yang ada di Poskamling seperti alat P3K, peralatan penerangan (Senter), buku adminitrasi dan buku tamu, kentongan dan peralatan pendukung lainya," katanya
     Ia mengatakan, pelombaan tersebut memperebutkan total hadiah Rp16,5 juta dan yang mendapatkan juara pertama akan mengikuti lomba ke tingkat Polda DIY.
     
"Tim juri pada lomba tersebut terdiri dari instansi Satpol PP, UPT Damkar, Kodim 0732 Sleman, dan Polres Sleman," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024