Sleman selenggarakan "Merapi Tourisme Festival 2018" untuk gaet turis

id gunung merapi

Sleman selenggarakan "Merapi Tourisme Festival 2018" untuk gaet turis

Sejumlah warga mencari spot foto dengan latar belakang puncak Gunung Merapi di kawasan Bunker Kaliadem. (Foto Antara/Luqman Hakim) .


Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar "Merapi Tourism Festival 2018" dalam rangka mempertingati Hari Pariwisata Internasional.
     
"Acara 'Merapi Tourism Festival 2018' akan dilaksanakan pada 29 sampai 30 September 2018 bertempat di Museum Gunungapi Merapi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Selasa.
   
Menurut dia, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung di kawasan lereng Gunung Merapi.
     
"Acara tersebut juga diharapkan semakin menegaskan Gunung Merapi sebagai ikon wisata di Kabupaten Sleman. Meskipun sekarang sudah lumayan banyak yang berwisata ke daerah Kaliurang, tapi dengan acara ini kami harapkan akan lebih meningkat lagi," katanya.
     
Ia mengatakan, untuk  kunjungan wisatawan mancanegara, Kaliurang ini menempati peringkat ke dua di Kabupaten Sleman setelah Candi Prambanan. Sedangkan untuk wisatawan lokal Kaliurang menempati peringkat pertama.
     
"Meski begitu kami akan terus menyuguhkan atraksi-atraksi yang mampu menarik wisatawan lebih banyak lagi," katanya.
     
Sudarningsih mengatakan bahwa dalam festival yang baru pertama diadakan ini nanti akan ada tiga kegiatan utama. Diantaranya lomba Basket Three on Three, Cooking Competition, Cooking Class. Pada kegiatan tersebut, juga akan melibatkan orang-orang yang kompeten di bidangnya.
     
"Akan ada pebasket professional yang akan mengikuti lomba Basket Three on Three. Sedangkan untuk Cooking Competition dan Cooking Class kami akan mengundang Chef Juna sebagai narasumber dan juga juri," katanya.
     
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024