BBKB Yogyakarta berkontribusi tumbuhkan industri kerajinan-batik

id batik

BBKB Yogyakarta berkontribusi tumbuhkan industri kerajinan-batik

Perajin bambu melakukan tahap pewarnaan pembuatan nampan di Sanggar Punokawan Desa Wisata Batik Kayu Krebet, Bantul, Yogyakarta. Foto Antara/Yoga Pradeva/ags/15.

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta memiliki kontribusi terhadap pertumbuhan industri kerajinan dan batik melalui layanan jasa serta penelitian dan pengembangan, kata Pelaksana Tugas  Kepala BBKB Agus Kuntoro.
     
"Kontribusi itu terutama terhadap industri kecil dan menengah yang bergerak dalam sektor kerajinan dan batik yang mengalami pertumbuhan cukup signifikan," kata Agus pada "Service Meet-Up Menuju Birokrasi Bersih Melayani" di Yogyakarta, Selasa.
     
Menurut dia, industri kecil dan menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mengalami pertumbuhan signifikan pada triwulan empat 2017 sebesar 17,28 persen. Pertumbuhan itu lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun 2016.
     
"Pertumbuhan industri kecil dan menengah di DIY itu didominasi sektor industri kreatif yang bergerak dalam bidang kerajinan dan batik," kata Agus.
     
Ia mengatakan BBKB merupakan unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Perindustrian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI).
     
"BBKB memberikan jasa pelayanan teknis kepada masyarakat industri khususnya industri kerajinan dan batik dalam rangka mewujudkan pengembangan industri yang berdaya saing baik secara nasional maupun internasional," kata Agus.
     
Ketua Panitia "Service Meet-Up Menuju Birokrasi Bersih Melayani" Harnandito mengatakan kegiatan temu pelanggan yang dihadiri 44 peserta itu bertujuan unuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan informasi terbaru.
     
Pelayanan dan informasi itu, menurut dia, terkait dengan standar pelayanan baik dari jenis layanan, prosedur maupun waktu dalam upaya mewujudkan pelayanan yang bersih dan optimal.
     
"Kegiatan itu sebagai ajang penting dalam perbaikan dan pengembangan proses bisnis balai sehingga dapat digali berbagai informasi yang konstruktif serta saling membangun, membina, dan memperbaiki antara BBKB dan konsumen dalam meningkatkan kualitas layanan," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024